riau24 AS: ISIS Jual Minyak ke Assad, Keruk Keuntungan Rp558 M | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

AS: ISIS Jual Minyak ke Assad, Keruk Keuntungan Rp558 M

1
Ilustrasi kilang minyak (SGV/thinkstock)
Berita Riau -  AS: ISIS Jual Minyak ke Assad, Keruk Keuntungan Rp558 M
Jakarta, Riau24.com - Pejabat senior Departemen Keuangan Amerika Serikat, Adam Szubin memaparkan kelompok militan ISIS terlibat dalam perdagangan minyak bernilai US$40 juta, atau sekitar Rp558 miliar per bulan. Sebagian besar volume minyak dijual kepada pemerintahan Presiden Bashar al-Assad, sementara sejumlah lainnya dijual secara ilegal hingga ke Turki. 

"ISIL menjual banyak minyak untuk rezim Assad," kata Szubin, yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala bagian Terorisme dan Intelijen Keuangan di Departemen Keuangan AS. ISIL merupakan nama lain dari ISIS. 

"Keduanya [ISIS dan Assad] berusaha saling menghancurkan, tetapi mereka masih terlibat dalam perdagangan senilai jutaan dan jutaan dolar," ujar Szubin, dikutip dari Reuters. 

Szubin menyatakan volume minyak yang dijual ISIS ke Assad cukup besar dan signifikan, meskipun tidak merinci secara detail volume minyak tersebut. 

"Volume [minyak] yang kita bicarakan dan jumlah uang yang kita bicarakan sangat besar," kata Szubin.

Szubin mengungkapkan bahwa "sebagian besar" produksi minyak ISIS dijual ke dalam pemerintahan Assad, sementara sebagian kecil minyak dikonsumsi baik secara internal di daerah yang dikuasai ISIS, maupun di wilayah Kurdi dan Turki.

"Sejumlah minyak melintasi perbatasan ke Turki," kata Szubin.

Kelompok militan ISIS mengeruk keuntungan senilai lebih dari US$500 juta, atau sekitar Rp6,9 triliun dari penjualan minyak di pasar gelap. ISIS juga mendapatkan US$1 miliar dari penjarahan sejumlah bank di Suriah dan Irak.

"Kami menduga ISIL mengambil keuntungan di kepala sumur [minyak] dan ketika minyak ISIL dijual ke berbagai tempat yang berbeda, aliran dana tak bisa terbendung. [Jadi] kami ingin menghancurkan infrastruktur mereka," kata Szubin. 

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 11:56 wib
ABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru