riau24 Indonesia Rilis Data Kebakaran Hutan 2015 di Paris | Berita Riau
Jumat, 25 Mei 2018

Indonesia Rilis Data Kebakaran Hutan 2015 di Paris

2
Berdasarkan analisis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, luas kebakaran tahun ini mencapai 2.640.049 hektare di Sumatera dan Kalimantan. (Antara Foto/FB Anggoro)
Berita Riau -  Indonesia Rilis Data Kebakaran Hutan 2015 di Paris
Paris, Riau24.com - Kebakaran hutan sepanjang Februari hingga Oktober memusnahkan sebagian besar wilayah gambut di Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah, juga ribuan hektare tanah mineral di Papua.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membuka informasi tersebut ke publik di sela-sela berlangsungnya Konferensi Iklim PBB COP21 di Paris, Prancis, pekan ini.

Berdasarkan analisis Belinda Margono dari Direktorat Invetarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring Pelaporan Verifikasi KLHK, luas kebakaran tahun ini mencapai 2.640.049 hektare. 

Umumnya area terbakar adalah gambut kering di Sumatera Selatan dan Kalimantan, diikuti oleh Riau dan Jambi. Di tanah mineral, provinsi yang areanya paling banyak terbakar ialah Papua, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat.

"Walau demikian, emisi yang dilepas sebagian besar hanya berasal dari dua provinsi, yaitu Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah," kata Belinda.

Menurut dia, emisi yang dilepas ke atmosfer antara 0,8 dan 1,1 gigaton gas rumah kaca. Estimasi tersebut separuh dari perhitungan emisi Guido van der Werf, ilmuwan Global Fire Emissions -- yang menyebutkan emisi karbon dari kebakaran hutan tahun ini setara dengan emisi karbon Jerman selama setahun.   

"Estimasi Guido menggunakan data yang luas. Overestimate-nya tinggi, bisa sampai berkilo-kilo. Kami menggunakan Landsat dengan resolusi 30 meter, sehingga kalau meleset hanya dalam hitungan meter," jelas Belinda.

Analisis detail dari pemerintah Indonesia dinilai jauh lebih baik memetakan kebakaran hutan dan emisinya ketimbang estimasi ilmuwan Global Fire Emissions. Walau Belinda mengakui bahwa estimasi menggunakan potret satelit semacam ini kesulitan mendeteksi titik terbakar yang ada di permukaan dengan area kecil.

Di sela Konferensi Iklim COP21, hadir juga peneliti asal Jerman Floarian Siegert yang sempat memetakan luas hutan yang terbakar pada 1997. Tahun ini Florian kembali memetakan dengan menggunakan data satelit Jerman, TET-1 dan Sentinel-1. 

“Satelit eksperimen ini 1.000 kali lebih sensitif daripada data MODIS, serta mampu membedakan kebakaran vetegasi dari kebakaran gambut. Termasuk merunut sumber api,” kata dia.

Dari hasil kajian awal, Florian menyimpulkan bahwa emisi yang dilepaskan kebakaran hutan tahun ini tidak sebesar 1997. “Sebab, saat gambut terbakar untuk kedua kali, emisinya tidak sebesar gambut yang baru terbakar. Beberapa titik kebakaran saya lihat sama dengan titik kebakaran 1997.”

Upaya pemerintah Indonesia mencoba memadamkan kebakaran di lahan gambut juga dinilai sia-sia. Ia menilai, data satelit MODIS yang dipakai untuk menentukan titik pemadaman tidak andal. 

“Titik api baru muncul saat area kebakaran sudah meluas, bahkan beberapa tidak terdeteksi karena satelit MODIS tidak mampu menembus tebalnya asap kebakaran di Kalimantan dan Sumatera.”

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

ID303
Selasa, 02 Januari 2018 02:14 wib
DAPATKAN HADIAH ANGPAO 125.000 SPESIAL HARI IMLEK 2018 DI ID303 Dalam rangka memeriahkan hari Raya Imlek 2018 ID303 memberikan Hadiah Angpao hingga 125.000 sebagai tambahan bonus untuk seluruh member setia ID303 yang berlaku untuk semua permainan kecuali Bola Tangkas dan Togel Online. Dapatkan Hadiah Angpao khusus 100 userid untuk deposit pertama setiap hari dengan syarat Withdraw yang sangat mudah, hanya dengan melakukan Turn Over 1x saja. Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di : BBM : 7B3130BF
Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 11:55 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru