riau24 Ternyata, Ribuan Pengendara Mobil Disadap, Termasuk Anda? | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Ternyata, Ribuan Pengendara Mobil Disadap, Termasuk Anda?

0
Ribuan pengendara mobil di Eropa sedang dimata-matai oleh kendaraan mereka sendiri.
Berita Riau -  Ternyata, Ribuan Pengendara Mobil Disadap, Termasuk Anda?
Paris, Riau24.comRibuan pengendara mobil di Eropa sedang dimata-matai oleh kendaraan mereka sendiri. Demikian Federation Internationale de l'Automobile (FIA), organisasi pengguna kendaraan bermotor Eropa memperingatkan. 

Menurut FIA, cara mendapat data pengemudi sangat mudah, yaitu melalui beragam aplikasi yang tersedia pada mobil. Banyak data yang bisa diperoleh, dari mulai nama, usia, dan jenis kelamin, hingga cara mengemudi.

Davi Ottenheimer, seorang ahli keamanan data, mengatakan pabrikan dapat menggunakan data yang diperolehnya itu sebagaimana Google dan Facebook, yaitu menjualnya ke pihak ketiga. "Sekarang semua metadata tentang kehidupan Anda dapat dikumpulkan oleh kendaraan Anda sendiri," katanya. 

Lantas, apa masalahnya? Menurut FIA, hal ini bermasalah karena melanggar privasi seseorang. Karena itu pula, mereka mulai menggencarkan kampanye agar konsumen mendapat perlindungan data yang lebih besar. 

"Konsumen memiliki hak untuk tahu data apa yang mereka bagikan saat mengendarai mobil. Sekarang, hanya pabrikan saja yang bisa mengakses data ini. Ke depan data ini harus bisa dikontrol, dan juga dapat mematikan komunikasi," ujar Evelyne Gebhardt, anggota parlemen Eropa dari Jerman. 

European Automobile Manufacturers' Association (ACEA), gabungan 15 pabrikan otomotif, dalam pertemuan terakhirnya menyepakati lima prinsip perlindungan data. "Termasuk transparansi, customer choice, dan data security," ujar jubir ACEA. Tidak dijelaskan kapan aturan ini akan diimplementasikan.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru