riau24 Alat Ini Bisa Atasi Luka Tembak dalam 20 Detik | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Alat Ini Bisa Atasi Luka Tembak dalam 20 Detik

0
XStat sanggup menangani luka tembak dalam waktu 20 detik. Kredit: RevMedx
Berita Riau -  Alat Ini Bisa Atasi Luka Tembak dalam 20 Detik
Jakarta, Riau24.com - Food and Drug Administration Amerika Serikat semacam Badan Pengawas Obat dan Makanan di Indonesia baru saja menyetujui temuan terbaru berukuran saku yang telah digunakan sekitar satu setengah tahun di medan perang. 

Temuan yang disebut XStat ini dapat digunakan untuk mengatasi luka yang mendalam dalam 20 detik saja!

Mengadopsi bentuk ala jarum suntik, XStat dapat 'menutup' sebuah luka yang mengancam jiwa, misalnya luka tembak, dengan cara menyuntikkan sejumlah spons kecil dengan fungsi penyerap jauh di atas rata-rata kebanyakan spons lainnya. 

Alat ini terutama akan sangat berguna untuk luka yang tidak dapat dibungkus turniket atau pembalut, seperti luka pada pangkal paha atau ketiak.

Spons tersebut akan makin besar di dalam rongga. Pembesaran ini kemudian menimbulkan tekanan yang dapat 'menghentikan' pendarahan yang mengancam jiwa dalam waktu 20 detik atau kurang. Dalam kondisi darurat, kecepatan ini jelas merupakan hal yang luar biasa.

"Pada saat Anda menempatkan perban di atas luka (yang ditangani oleh XStat), pendarahan sudah berhenti," kata mantan petugas medis Angkatan Darat Operasi Khusus AS, John Steinbaugh kepada Popular Science, sebagaimana dikutip dari Tech Insider, Minggu (12/12/2015).

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru