riau24 Paspor Palsu ISIS Buat Intelijen AS Khawatir | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Paspor Palsu ISIS Buat Intelijen AS Khawatir

1
Ilustrasi (Foto: Reuters)
Berita Riau -  Paspor Palsu ISIS Buat Intelijen AS Khawatir

Washington, Riau24.com - Kekhawatiran warga Amerika Serikat (AS) untuk menerima para pengungsi dari Suriah tampaknya akan bertambah setelah kelompok militan ISIS diketahui memiliki kemampuan untuk membuat paspor Suriah yang sangat mirip dengan paspor asli. Hal itu diungkapkan Direktur Biro Penyelidik Federal AS (FBI)James Comey dalam kesaksiannya di hadapan Komite Yudisial Senat AS pada Rabu (9/12/2015).

“Komunitas intelijen khawatir karena mereka (ISIS) memiliki kemampuan dan kapabilitas untuk membuat paspor palsu yang menjadi kecemasan dalam situasi apa pun,” kata Comey.

Dalam kesaksiannya, Comey mengatakan pihaknya tidak memiliki alas an untuk percaya bahwa ada penyusup dari ISIS yang telah berada di AS. Dia menambahkan FBI ter us mencari agen-agen ISIS semacam itu.

Potensi ancaman ini telah disebutkan dalam sebuah buletin setebal 17 halaman yang dikirimkan Penyelidikan Keamanan Nasional (Homeland Security Investigations/HIS) kepada lembaga-lembaga penegak hukum AS. Buletin itu menyebutkan ISIS berhasil mendapatkan setidaknya satu unit mesin cetak paspor dalam serangan mereika ke Kota Deir ez-Zor, Suriah pada musim panas lalu.

“Karena lebih dari 17 bulan telah berlalu sejak Raqqa dan Deir ez-Zor jatuh ke tangan ISIS, ada kemungkinan individu dari Suriah dengan paspor yang diterbitkan di kota-kota yang dikuasai ISIS atau yang memiliki paspor kosong, telah pergi ke AS,” tulis bulletin itu sebagaimana dilansir dari Russia Today, Jumat (11/12/2015).

Paspor palsu Suriah diketahui digunakan oleh dua pelaku bom bunuh diri yang terlibat dalam peristiwa terror di Paris bulan lalu. Mereka diyakini pergi dari Suriah menuju Eropa bersama para pengungsi yang membanjiri Benua Biru itu tahun ini.

Sebuah laporan media Eropa juga mengungkapkan betapa mudahnya untuk mendapatkan paspor ilegal di Suriah. Jurnalis Belanda Harald Doornbos melaporkan bahwa dia hanya membutuhkan sekira Rp11 juta dan 40 jam untuk mendapatkan paspor tersebut.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 11:57 wib
ABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru