riau24 Bulan Saturnus Ternyata Mirip Bumi | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Bulan Saturnus Ternyata Mirip Bumi

0
Bulan Saturnus Ternyata Mirip Bumi (Foto: NASA)
Berita Riau -  Bulan Saturnus Ternyata Mirip Bumi

California, Riau24.com - Gambar terbaru bulan alami Saturnus, Titan, menunjukkan penampilan planet tersebut mirip Bumi. Pesawat antariksa Cassini menangkap gambar bahwa Titan memiliki kanal sungai, danau besar, bukit pasir besar, dan bukti proses geologi seperti Bumi.

Dilansir dari The Space Reporter, Sabtu (12/12/2015), Cassini harus membersihkan atmosfer tebal Titan dengan infrared untuk menyibak daratan. Foto-foto yang didapat kemudian digunakan untuk membuat komposit, gambar berwarna palsu yang menunjukkan permukaan Titan.

Sebagai bulan, Titan selalu terpenjara dengan planetnya yang artinya selalu menunjukkan wajah yang sama ketika menatap Saturnus. Gambar yang dikoleksi ini menunjukkan wajah Titan ketika menghadap Saturnus, termasuk ketika dua daerah bukit pasir terlihat gelap.

Gambar yang diambil pada 13 November pada jarak 10 ribu kilometer dari Titan ini menunjukkan bulan tersebut punya kawah muda sebagai dampak pergeseran tektonik, angin dan cairan. Ilmuwan NASA mendeskripsikan Titan benar-benar bulan yang berproses menjadi seperti Bumi.

Sekadar informasi, permukaan Titan berusuhu -179 derajat Celcius sehingga air apapun yang terlihat berada dalam bentuk batu es keras. Kendati demikian, Methan yang terbuat dari karbon dan hidrogen yang ada di atmosfer jatuh sebagai hujan air. Namun methan ini membuat asap oranye di permukaan Titan.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru