riau24 Kunjungan Wisata di Rohul Meningkat | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Kunjungan Wisata di Rohul Meningkat

0
Air panas Hapanasan
Berita Riau -  Kunjungan Wisata di Rohul Meningkat

Rohul, Riau24.com - Potensi wisata dimiliki Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kini menjadi andalan Provinsi Riau karena berhasil menarik minat Wisatawan dari luar daerah.

Tiga obyek wisata di antaranya yang telah menjadi andalan lokal dan Provinsi Riau, seperti dua di Kecamatan Rambah yakni air panas Hapanasan dan danau atau bendungan Sipogas. Serta air terjun Aek Martua di Kecamatan Bangun Purba.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Rohul, Hj. Yurikawati S.Sos mengatakan dari tiga obyek andalan tersebut, obyek wisata air panas Hapanasan menjadi destinasi wisata di Provinsi Riau.

Menurut dirinya, kunjungan wisata di air panas Hapanasan juga menjadi terbanyak, pasalnya sarana dan prasarana di obyek wisata ini bisa dikatakan menarik. Selain ada penangkaran dan museum kupu-kupu Sumatera, disini juga ada kolam terapi air panas.

Didampingi Kepala Bidang Pariwisata H. Mastur S.Sos,M.Si, dan Kepala Seksi Sarana Ermayulis, Yurikawati mengungkapkan kunjungan wisata di tiga obyek wisata andalan mengalami peningkatan selama 2015.

Sesuai catatan Disbudpar Rohul, sampai 30 November, kunjungan wisata di Kabupaten Rohul sekitar 23.861 pengunjung, terdiri air panas Hapanasan 11.457 pengunjung, Sipogas 7.061 pengunjung, air terjun Aek Martua 2.000 pengunjung, dan air panas Suaman yang sebagian aset milik Pemkab Rohul sekira 3.343 pengunjung.

"Ini yang bayar pakai karcis masuk. Belum lagi yang tidak bayar. Data wisata kami ini berdasarkan karcis masuk," terang Yurikawati.

Ia mengatakan biaya karcis masuk Rp 5 ribu untuk di setiap obyek wisata. Musim kunjungan wisata terbanyak masih didominasi pada musim liburan hari raya Idul Fitri dan tahun baru. Namun demikian, pada libur nasional, serta hari Sabtu dan Minggu, pengunjung masih tetap ramai.

Dampak tingginya kunjungan wisata menambah sumber pendapatan asli daerah (PAD) setiap tahun. Pada 2015, Disbudpar Rohul menyumbang Rp 107.812.000 atau sudah oper target dari tiga obyek wisata, dari target awal Rp 65 juta.

Sumbangan PAD 2014, Disbudpar menyumbang Rp 123.495.000 dari target awal Rp 60 juta. PAD ini tinggi karena adanya program Sadar Wisata tahun lalu dengan jumlah kunjungan wisata 26.988 pengunjung di tiga tempat wisata.

Dirinya menambahkan, kunjungan wisata terbanyak ada di air panas Hapanasan. Di tempat ini kunjungan ramai karena ada penangkaran dan museum kupu-kupu, out bond, dan kolam terapi.

Sebagian besar, pengunjung wisata di Kabupaten Rohul didominasi dari kalangan pelajar mulai tingkat TK sampai SMA, dan masyarakat umum lokal dan dari luar daerah, seperti dari Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Barat.

R24/awa/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru