riau24 Listrik di Kabupaten Kuansing Akan Terpasang Seluruhnya Tahun 2016 | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Listrik di Kabupaten Kuansing Akan Terpasang Seluruhnya Tahun 2016

0
2016 seluruh desa tuntas pasang jaringan listrik
Berita Riau -  Listrik di Kabupaten Kuansing Akan Terpasang Seluruhnya Tahun 2016
Kuansing, Riau24.com - Sampai saat ini pemasangan jaringan listrik di Kabupaten Kuantan Singingi telah mencapai sekitar 97, 38 persen, dan hanya sekitar 2, 62 persen saja lagi, yang belum terpasang atau sekitar 6 desa dari 229 desa dan kelurahan di Kuansing.

Oleh karena, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan seluruh desa yang ada di Kuansing telah terpasang jaringan listrik, dan tidak ada lagi desa yang tidak menikmati jaringan listrik.

Dinas ESDM menargetkan desa-desa yang belum terpasang jaringan listrik, akan diupayakan pada tahun anggaran 2016 mendatang. Sedangkan enam desa yang belum terpasang jaringan listrik terdapat di Desa Muara Petai, Muara Tiu Makmur, Setiang, Sungai Besar dan Perhentian Sungkai di Kecamatan Pucuk Rantau, dan satu desa di Kecamatan Singingi yakni Desa Pangkalan Indarung.

" Belum terpasang jaringan listrik di enam desa tersebut, karena jarak antara desa cukup berjauhan dengan desa tetangga, seperti Desa Muara Petai ke Desa Muara Tiu Makmur sekitar 7 Kilometer dan ke Desa Setiang sekitar 17 Kilometer dari desa Muara Tiu makmur," ungkap Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Kuantan Singingi Drs. Yuridisman melalui Kepala Bidang Energi kelistrikkan David Irawan, ST ketika dihubungi Riau24.com diruangkerjanya, Senin (14/12/2015).

Meskipun demikian, katanya, Dinas ESDM akan berupaya agar seluruh desa yang ada di Kuansing dapat terpasang seluruhnya jaringan listrik dan masyarakat dapat menikmati listrik, sehingga seluruh desa akan menjadi terang benderang.

" Ini salah satu upaya Pemkab Kuansing, agar seluruh desa tidak ada lagi yang tidak menikmati listrik dan seluruh desa telah terpasang jaringan listrik," paparnya.

Ditambahkannya, enam desa yang belum terpasang jaringan listrik, disebabkan jarak antar desa cukup berjauhan karena ada yang berjarak sekitar 7 kilometer dan 17 kilometer, bahkan ada yang mencapai sekitar 30 kilometer seperti ke desa Pangkalan Indarung dengan desa yang berdekatan dengannya.

Oleh karena itulah, makanya pada tahun anggaran 2016 mendatang, Dinas ESDM meminta bantuan ke Pemerintah Provinsi Riau dan pemerintah pusat, karena membutuhkan dana sekitar Rp30 Miliar untuk pemasangan jaringan listrik di enam desa tersebut," tukasnya.

R24/awa/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru