riau24 Tips Sederhana Berkendara Irit BBM | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Tips Dan Trik

Tips Sederhana Berkendara Irit BBM

0
Ilustrasi berkendara.
Berita Riau -  Tips Sederhana Berkendara Irit BBM
Jakarta, Riau24.com – Tidak sedikit pengendara yang mengeluhkan konsumsi bahan bakar kendaraanya yang boros. Perlu diketahui, penyebab borosnya kendaraan selain karena memang kebutuhan mesin, tapi juga ada kontribusi dari pengemudi.

Seperti yang dilansir dari Otomania.com, Senin (14/12/2015) cara berkendara yang kerap dilupakan para pengendara, ketika ingin mengefisiensi penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Teringat ucapan Warsino, Service Head Tunas Toyota Dewi Sartika pada Juli 2015 lalu yang mengatakan, cara berkendara jadi salah satu faktor penentu efisiensi bahan bakar.

Di dalam buku panduan Aman Berlalu Lintas yang diterbitkan Astra Internasional, terdapat tips dan trik sederhana, teknik berkendara irit bahan bakar. Setidaknya ada lima poin yang natinya bisa diaplikasikan, ketika berkendara.

Pertama, jangan terlalu lama memanaskan mesin kendaraan. Lakukan kegiatan ini hanya sekitar satu menit saja. Karena jenis mesin kendaraan saat ini (injeksi) berbeda dengan mesin yang masih karburator.

Kedua, perhatikan ketika akan memindahkan gigi kopling. Biasakan untuk melakukan ini saat mesin pada putaran 2.000 – 3.000 rpm.

Ketiga, hindari akselerasi dan pengereman secara mendadak, bila memang tidak diperlukan. Ini merupakan perilaku yang sering kali dilakukan pengemudi.

Keempat, gunakan tekanan angin ban kendaraan sesuai spesifikasi. Untuk mengetahui standar spesifikasinya, bisa dilihat pada pilar pintu sebelah kanan

Kelima, lakukan perawatan mesin secara berkala dan teratur.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru