riau24 Saudi Umumkan Aliansi Militer 34 Negara Islam Lawan Terorisme | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Saudi Umumkan Aliansi Militer 34 Negara Islam Lawan Terorisme

1
Di tengah gencatan senjata di Yaman dan perang saudara di Suriah, Saudi mengumumkan pembentukan koalisi militer 34 negara Islam melawan terorisme. (Reuters/Faisal Al Nasser/Files)
Berita Riau -  Saudi Umumkan Aliansi Militer 34 Negara Islam Lawan Terorisme
Jakarta, Riau24.com - Merespon peningkatan serangan terorisme belakangan ini, Arab Saudi mengumumkan pembentukan koalisi militer 34 negara Islam untuk memerangi terorisme. 

"Negara-negara yang disebutkan di sini telah memutuskan untuk membentuk aliansi militer yang dipimpin oleh Arab Saudi untuk memerangi terorisme, dengan pusat operasi gabungan yang berbasis di Riyadh untuk mengkoordinasikan dan mendukung operasi militer," bunyi pernyataan bersama yang diterbitkan pada kantor berita SPA, dikutip dari Reuters, Selasa (15/12/2015). 

Pernyataan itu merinci daftar panjang negara-negara Arab seperti Mesir, Qatar, Uni Emirat Arab, bersama-sama dengan negara-negara Islam lainnya, seperti Turki, Malaysia, Pakistan dan negara-negara Teluk Arab dan Afrika.

"Menjadi kewajiban untuk melindungi negara Islam dari kejahatan semua kelompok teroris dan organisasi apa pun sekte dan nama mereka, yang menyerukan kematian dan membuat kerusakan di muka bumi dan bertujuan untuk meneror orang yang tidak bersalah," bunyi pernyataan tersebut. 

Meski demikian, Republik Islam Iran tidak disebutkan dalam daftar negara-negara Islam tersebut. Sebagian besar penduduk Iran merupakan Muslim Syian dan dikenal sebagai salah satu saingan terbesar Saudi. 

Absennya Iran dari daftar negara Islam yang memerangi terorisme ini merepresentasi persaingan dua kekuatan regional di Timur Tengah, yang memengaruhi situasi politik dan keamanan di sejumlah negara, termasuk Suriah dan Yaman.

Sementara, Amerika Serikat menilai negara-negara Teluk Arab harus lebih membantu kampanye militer melawan kelompok militan ISIS di Irak dan Suriah.

Dalam konferensi pers yang jarang digelar pada Selasa (15/12/2015), putra mahkota Saudi, Mohammed bin Salman, 30, yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan menyatakan bahwa kampanye akan "mengkoordinasikan" upaya untuk memerangi terorisme di Irak, Suriah, Libya, Mesir dan Afghanistan, tapi menawarkan beberapa indikasi konkret soal kemungkinan upaya militer dilanjutkan."

"Akan ada koordinasi internasional dengan negara-negara besar dan organisasi internasional, dalam hal operasi di Suriah dan Irak. Kita tidak dapat melakukan operasi ini tanpa berkoordinasi dengan masyarakat internasional," kata Salman tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Ketika ditanya apakah koalisi militer akan fokus hanya pada kelompok militan ISIS, Salman menyatakan koalisi ini siap menghadapi bukan hanya ISIS tetapi juga "organisasi teroris yang muncul di depan kami."

Selama sembilan bulan terakhir, militer Saudi dan negara tetangganya di Teluk Arab meluncurkan perang terhadap kelompok pemberontak Houti yang didukung Iran di Yaman. Aliansi militer ini meluncurkan ratusan serangan udara di sana.

Sementara gencatan senjata di Yaman disepakati pada Selasa bersamaan dengan pembicaraan damai yang didukung PBB, pengumuman Saudi ini dinilai sebagai sinyal untuk mengalihkan perhatiannya kembali ke konflik di utara dari perbatasannya.

Kelompok militan ISIS berjanji untuk menggulingkan monarki negara-negara Teluk dan merencanakan serangkaian serangan terhadap masjid Muslim Syiah dan pasukan keamanan di Kuwait dan Arab Saudi. 

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 11:57 wib
ABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru