riau24 Kenaikan Harga belum Mencapai 20% | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Kenaikan Harga belum Mencapai 20%

0
Mas Irba - Kabid Perdagangan
Berita Riau -  Kenaikan Harga belum Mencapai 20%
Pekanbaru, Riau24.com - Sebentar lagi umat kristiani akan merayakan Natal, yang kemudian disusul oleh perayaan Tahun Baru 2016. Kebutuhan pokok seperti sembako semakin meningkat. Hal ini bisa dimanfaatkan pelaku usaha nakal untuk menaikan harga bahan pokok dengan berbagai macam cara misalnya menumpukan sembako yang ada.

Hal tersebut tentu akan membebani masyarakat jika kenaikan harga dipicu oleh kecurangan para pelaku usaha. Hingga saat ini, Selasa (15/12/2015) beberapa harga bahan pokok sudah mulai naik.

Mas Irba, selaku kepala bidang Perdagangan saat dikonfirmasi mengatakan memang harga beberapa bahan pokok sampai hari ini sudah mengalami kenaikan tapi belum mencapai 20% kenaikan dari harga normalnya.

"Kami menghimbau kepada pedagang untuk tidak menaikan harga lebih dari 20% dari harga normalnya atau melakukan melakukan kecurangan-kecurangan yang mengakibatkan harga tersebut naik. Data hari ini harga yang naik diantaranya cabe merah. Hari ini cabe naik dari harga 45rb jadi 47rb. Diperkirakan akan terus naik hingga mencapai harga 60rb per kg nya," jelasnya.

Irba juga menjelaskan kenapa beberapa harga bahan pokok tetsebut naik. Alasannya ada beberapa daerah penghasil cabe mengalami banjir, dan ada juga jalan kedaerah tersebut putus akibat longsor. Lebih lanjut Irba juga mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan bulog untuk mengatasi masalah ini.

"Ketika naik lebih dari 20% pemerintah akan mengintervensi kepada pelaku usaha tersebut dan jika terbukti melakukan kecurangan-kecurangan maka sangsinya adalah pidana karena hal tetsebut sudah mengganggu stabilitas," paparnya.

Sebelum menutup pembicaraan Irba menghimbau kepada pelaku usaha agar mengetahui aturan-aturan yang ada agar tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum.

"Pihak Disperindag melalui UPT2 di Pekanbaru sudah melakukan sosialisasi mengenai hal ini, dibantu dengan media-media yang terus membantu menginformasikan. Untuk kenaikan harga barang saat ini masih dalam status waspada," tutupnya.

R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru