riau24 Sebelum Ngekos, Pertimbangkan Hal-Hal Ini | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Sebelum Ngekos, Pertimbangkan Hal-Hal Ini

0
Berita Riau -  Sebelum Ngekos, Pertimbangkan Hal-Hal Ini

Riau24.com - Bekerja di Ibu Kota seperti Jakarta dan harus jauh dari keluarga, menjadikan seorang karyawan berstatus lajang memerlukan pertimbangan matang dalam memilih tempat tinggal, terutama kosan. Perencana Keuangan, Andy Nugroho menuturkan, sebaiknya Anda memilih tempat tinggal atau kosan yang dekat dengan tempat bekerja. Pasalnya, selain tentunya akan menghemat biaya transportasi, lantas juga akan mampu memangkas waktu perjalanan.

“Idealnya berapa ya tergantung tiap orang, kalau bisa pilih dekat kantor. Dengan alasan hemat biaya transportasi waktu perjalanan dan badan enggak lelah akibat lama di jalan,” paparnya kepada Okezone, Jakarta.

Namun, lanjut dia, tentu saja akan ada konsekuensi tersendiri bagi yang berkantor di bilangan Sudirman. Seperti diketahui, walaupun menawarkan banyak pilihan, namun pada umumnya pula kos-kosan yang ditawarkan notabene mengharuskan Anda merogoh kocek lebih dalam. Oleh sebab itu, dia menyarankan agar berhemat dengan cara memilih kos-kosan yang menawarkan fasilitas lebih minim.

“Kalau mau irit carilah yang kamar mandi luar enggak pakai AC. Tapi ada juga yang lebih memilih kamar mandi dalam, AC tapi jauh kantor,” imbuh dia.

Namun, lebih jauh dia menjelaskan, semua pilihan itu tergantung dan kembali pada kebutuhan serta pertimbangan pada masing-masing pribadi. “Lebih pertimbangan tiap orang dan pilihan, soalnya konsekuensinya pilihan orang,” pungkasnya.

Alokasi yang Sesuai Dengan Gaji

Menyewa kamar kos merupakan langkah yang banyak digunakan oleh karyawan yang belum berkeluarga sebagai tempat tinggal. Akan tetapi,  Anda perlu menimbang kemampuan finansial yang seimbang dengan gaji. Menurut Eko Endarto, idealnya Anda perlu mencari kosan seharga 10 persen dari gaji yang Anda terima.

“Tergantung Kebutuhan pribadi, selain kenyamanan dan jarak, Idealnya kosan yang tepat itu adalah 10 persen dari gaji,” ujar Eko

Namun, jika Anda lebih mengutamakan kenyamanan, Anda dapat menggunakan alokasi kebutuhan pribadi Anda untuk menambah biaya kosan. Idealnya, biaya kebutuhan hidup dalam sebulan adalah 50 hingga 60 persen dari gaji. Biaya ini bisa Anda kurangi dan dialokasikan untuk membayar biaya sewa kos dalam sebulan.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru