riau24 Saksi Paslon No 4 Walk Out Pada Rapat Rekapitulasi Suara Tingkat Kota | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Saksi Paslon No 4 Walk Out Pada Rapat Rekapitulasi Suara Tingkat Kota

0
KPU Dumai Gelar Pleno tingkat Kota
Berita Riau -  Saksi Paslon No 4 Walk Out Pada Rapat Rekapitulasi Suara Tingkat Kota

Dumai, Riau24.com - Baru saja dimulai, Proses Rekapitulasi Suara Tingkat Kota pada Pilkada Dumai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada Rabu (16/12/2015) bertempat di Malaka Room Lantai II Comfort Hotel, Jalan Sudirman, langsung dihujani diinterupsi.

Interupsi disampaikan oleh Saksi Pasangan Calon Walikota Dumai, Abdul Kasim-Nuraini. Saksi pasangan calon nomor urut 4 ini mempertanyakan perkembangan laporan dugaan kecurangan yang dilakukan oleh Tim/Oknum pasangan calon Zulkifli AS-Eko Suharjo.
Dimana, ada dugaan pasangan nomor urut 2 menyebar Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada masyarakat. Para penerima diajak untuk memilih pasangan tersebut.

“ Kenapa Pleno ini harus dilanjutkan. Padahal ada pasangan yang mendapat suara dengan hasil tidak benar,” ujar Saksi Pasangan Calon Walikota Dumai, Abdul Kasim-Nuraini, Awaluddin di depan peserta Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Tingkat Kota Dumai.
Menurutnya, Panwas Kota Dumai mestinya memastikan sejauh mana dugaan pelanggaran itu bisa terjadi. Sebab oknum tim menggunakan fasilitas negara demi meraup suara.

“ Bila hasilnya tidak benar. Apa kita semua bertanggung jawab dengan hal yang tidak benar. Apalagi bila seseorang duduk dengan cara yang tidak benar,” jelasnya.
Oleh sebab itu, Awaluddin mengusulkan agar pleno ini dipertimbangkan. Bahkan Ia mengusulkan agar proses dugaan kecurangan ini diungkap segera. Namun, permintaannya tidak dikabulkan, sebab pleno tetap berlangsung.

Akhirnya Saksi dari pasangan calon nomor 4 memilih Walk Out atau keluar dari ruang rapat. Mereka mengaku tidak ikut.

“ Kami persilahkan pleno berjalan tanpa kami,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua KPU Dumai, Darwis menegaskan bahwa pleno tetap bejalan. Sembari menanti hasil dari pembahasan di Gakkumdu Dumai.

“ Kita tunggu hasilnya di Gakkumdu, tahapan tetap kita laksanakan,” tegasnya.
Terkait Saksi dari Paslon Nomor Urut 4 yang tidak ikut menandatangani Berita Acara pada Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kota Untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2015 yang digelar KPU Dumai, menurut Darwis, diaturan KPU tidak ada seperti itu. Bahwa siapa yang hadir harus menandatangani.

“ Jadi, masalah tandatangan disini, siapa yang mau, tidak ada unsur paksaan. Meskipun mereka semua saksi hadir dan mengikuti prosesnya, namun tidak ikut menandatangani tidak ada masalah. Namun, Alhamdulillah kesemua saksi kecuali dari Paslon Nomor 4 sudah menandatangani berita acara,” imbuhnya. Dan mengenai keberatan, lanjut Ketua KPU, sudah dibuat catatan khusus oleh pihaknya, dan akan ditindaklanjuti.

Berdasarkan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kota Untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai Tahun 2015 yang digelar KPU Dumai, Pasangan Calon Nomor Urut 4 hanya selisih 2.303 suara dari Pasangan Calon Nomor Urut 2. Dimana Pasangan Calon Abdul Kasim – Nuraini memperoleh Total Suara Sah sebanyak 30.315 suara sedangkan Pasangan Calon Zulkifli As – Eko Suharjo memperoleh Total Suara sebanyak 32.618 suara.

R24/awa/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru