riau24 Perangi Terorisme, Arab Saudi Bentuk Koalisi Baru | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Perangi Terorisme, Arab Saudi Bentuk Koalisi Baru

1
Pasukan khusus melumpuhkan teroris saat simulasi pengamanan Ibadah Haji di Mekkah, Arab Saudi, 17 September 2015. REUTERS/Ahmad Masood
Berita Riau -  Perangi Terorisme, Arab Saudi Bentuk Koalisi Baru
Riyadh, Riau24.com - Arab Saudi telah mengumumkan pembentukan koalisi militer 34 negara Islam untuk memerangi terorisme. Hal itu menurut pernyataan yang diterbitkan kantor berita negara, SPA.

"Negara-negara yang disebutkan di sini telah memutuskan pembentukan aliansi militer yang dipimpin Arab Saudi dalam memerangi terorisme, dengan pusat operasi gabungan berbasis di Riyadh untuk mengkoordinasikan dan mendukung operasi militer," bunyi pernyataan itu, seperti dikutip Guardian, 15 November 2015.

Dalam konferensi pers yang langka, Putra Mahkota dan Menteri Pertahanan Arab Saudi, Mohammed bin Salman, mengatakan koalisi tersebut akan mengkoordinasikan upaya memerangi terorisme di Irak, Suriah, Libya, Mesir, dan Afghanistan.

"Akan ada koordinasi internasional dengan negara-negara besar dan organisasi internasional dalam hal operasi di Suriah dan Irak. Kita tidak bisa melakukan operasi ini tanpa berkoordinasi dengan legitimasi di tempat ini dan masyarakat internasional," ucap Salman.

Ketika ditanya apakah aliansi itu hanya akan berfokus pada kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Salman menuturkan koalisi tidak hanya akan menghadapi ISIS, tapi juga organisasi teroris lain yang muncul di hadapan mereka.

Koalisi tersebut terdiri atas negara-negara Arab, seperti Mesir, Qatar, dan Uni Emirat Arab, bersama dengan Turki, Malaysia, Pakistan, dan negara-negara Afrika. Iran tidak berada dalam daftar negara yang disebut. Itu diduga karena konflik proxy di antara dua kekuatan regional yang sedang berlangsung di Suriah dan Yaman.

Arab Saudi menyatakan sudah menjadi kewajibannya melindungi negara Islam dari kejahatan kelompok dan organisasi teroris yang mendatangkan kematian serta kerusakan di muka bumi dan meneror orang tidak bersalah.

ISIS sendiri diketahui telah berjanji menggulingkan monarki Teluk dan telah melakukan serangkaian serangan terhadap masjid Syiah serta pasukan keamanan di Kuwait dan Arab Saudi.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 11:59 wib
ABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru