riau24 Polda Riau Lakukan Deteksi Dini Cegah Ancaman Teror | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Polda Riau Lakukan Deteksi Dini Cegah Ancaman Teror

0
Kabid Humas Polda Riau Guntur Aryo Tejo
Berita Riau -  Polda Riau Lakukan Deteksi Dini Cegah Ancaman Teror

Pekanbaru, Riau24.com - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2016, Polda Riau akan memperketat kemananan di sejumlah titik.

Sebelumnya Polda Riau sudah menetapkan status siaga I untuk mengantisipasi teror radikal ISIS. Polda Riau akan memaksimalkan pengamanan, khususnya di lokasi keramaian, seperti mal, pusat perbelanjaan dan beberapa tempat ibadah.

Demikian disampaikan Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo SIK MM saat konfirmasi Riau24.com, Kamis (17/12/2015).

Dikatakannya, perencanaan operasi tersebut telah dipersiapkan dengan matang untuk mengantisipasi kelompok ISIS yang memungkinkan melancarkan aksi disela-sela kegiatan seperti pada acara-acara besar.

"Kita lakukan deteksi dini dan deteksi aksi untuk mewaspadai teror," tegasnya.

Selain itu, Polda Riau juga memperketat keamanan di Mako Polda, Mapolres sampai seluruh Polsek di Riau, lantaran ISIS menebar rumor akan menyasar serangan di lokasi-lokasi ini.

"Sasaran pengamanan, diantaranya orang, barang, tempat dan kejadian. Semuanya diberlakukan pada saat natal dan tahun baru, serta agenda kegiatan yang menghadirkan masyarakat ramai. Intinya kita antisipasi teror saat natal dan tahun baru, dimana ada pihak-pihak yang ingin menggagalkan atau membuat kericuhan," ungkap Guntur.

Untuk perbatasan, pihaknya juga mengawasi untuk antisipasi pelaku penyelundupan, masuknya narkoba, miras, senjata tajam dan sebagainya. Tempat keramaian katanya juga diberikan pelatihan khusus antisipasi teror.

Sementara itu, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Riau, Kombes Sugiono sudah mulai memaksimalkan pengamanan di sejumlah tempat keramaian, termasuk Mal dan tempat pusat belanja lainnya, sejak kemarin, Senin (14/12/2015).

"Kami telah kumpulkan para pihak pengelola dan pihak keamanan Mal untuk melaksanakan SOP pengecekan setiap kendaraan dengan menggunakan mirror detektor, sedangkan untuk pengunjung di dalam, dicek dengan metal detector," katanya.

Selain itu, pengelola juga diminta memaksimalkan keberadaan CCTV, baik di dalam maupun diluar Mal. Semua ini dilakukan dengan tujuan agar pelaksanaan Natal dan tahun baru berjalan dengan kondusif, penuh kedamaian.

"Kita harap semuanya bersinergi, baik polisi, pengelola dan juga masyarakat," harap Sugiyono.

R24/awa/kur

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru