riau24 Hukum Belum Ditegakan Bagi Pelanggaran Pilkada | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Hukum Belum Ditegakan Bagi Pelanggaran Pilkada

0
Pengamat Politik Riau Zaini Ali
Berita Riau -  Hukum Belum Ditegakan Bagi Pelanggaran Pilkada
Pekanbaru, Riau24.com-  Masih adanya ditemukan pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di kabupaten dan kota di Riau 9 Desember 2015, karena hukum yang ditegakan tidak memberikan efek jera bagi penyelenggara  pemilu. Sebab, mereka telah melakukan komproni terhadap persoalan tersebut.

Pengamat Politik Riau Zaini Ali mengatakan, terjadinya pelanggaran Pilkada karena mereka  diberikan kewenangan dalam melaksanakan pemilu, merasa tidak ada tanggung jawab. Untuk itu, sangsi tegas diberikan bagi orang yang melakukan pelanggaran Pilkada. " Pilkada tanggung jawab merekam," kata Zaini Ali, kepada Riau24.com melalui telepon seluler, Kamis (17/12/2015).

Zaini menuturkan, penyelenggara Pilkada diberi tanggung jawab. Bukan, sekedar mendapat jabatan. " Jarangnya pelanggaran Pilkada diberikan hukumam. Karena, kompromi yang dilakukan oleh mereka hukum tidak bisa ditegakan," terang Zaini.

Zaini mengungkapkan, sangsi hukum harus ditegakan agar pelanggaran pilkada tidak terulang. Sangsi hukum yang diberikan itu, untuk memberikan pembelajaran bagi mereka. Sehingga, mereka sadar hukum. " Jika hukum sudah ditegakan dapat memberikan efek jera bagi mereka yang melakukan pelanggaran Pilkada," tandas Zaini.

Zaini menyebutkan, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Pemilu) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) diberikan keweanagan bertindak dalam menjalankan tugas sesuai Undang-Undang (UU).

 " Panwaslu dan Bawaslu jangan sampai berpura-pura tidak tahu adanya pelanggaran Pilkada. Integritas harus ditanamankan. Mereka diberikan kewenangan bertindak jika ada ditemukan pelanggaran dalam Pilkada, " ucap Zaini.

R24/har
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru