riau24 Rio Haryanto Akhirnya Kembali ke Sirkuit: Ini Demi Indonesia | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Formula 1

Rio Haryanto Akhirnya Kembali ke Sirkuit: Ini Demi Indonesia

0
Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, berhasil menaiki podium setelah finis kedua pada balapan kedua (sprint race) GP2 Rusia di Sirkuit Sochi, Rusia, 11 Oktober 2015. Foto: Indah Pennywati
Berita Riau -  Rio Haryanto Akhirnya Kembali ke Sirkuit: Ini Demi Indonesia
Jakarta, Riau24.com - Pebalap Nasional Rio  Haryanto akhirnya kembali ke sirkuit dan berlaga di ajang formula 1 (F1) pada balapan musim 2016. Ini setelah Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan jaminan keikutsertaan Rio menuju F1. Salah satu syarat agar Rio dapat berlaga di ajang balap F1 adalah membayar dana jaminan atau fee guarantee sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp 231 miliar.

"Kami akan membantu perjuangan Rio ke prestasi dunia dengan memberikan garansi, karena 40 persen dari 15 juta euro harus segera dicairkan pada minggu ini," kata Menteri Olahraga Imam Nachrawi, Jumat 11 Desember 2015.

Kemenpora menyanggupi untuk memberikan surat jaminan keikutsertaan Rio di F1, dan nantinya akan terus melakukan komunikasi dengan Menteri BUMN dan Direktur Pertamina karena kedua lembaga tersebut juga akan membantu pembiayaan Rio selama mengikuti F1. 

"Saat ini pemerintah memberikan garansi keikutsertaan Rio di F1, selanjutnya adalah PT Pertamina yang merupakan sponsor utama saat ini. Kami akan berusaha mencarikan sponsor apabila Pertamina nantinya tidak seratus persen menjadi sponsor Rio," kata Imam,
Rio mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan itu. "Semoga impian kita semua, bertanding di Kejuaraan Dunia F1 demi kejayaan Indonesia bisa segera menjadi kenyataan," kata pebalap 22 tahun dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu 12 Desember 2015. 

Indah Pennywati, ibu Rio yang hadir dalam pertemuan dengan Menpora, Jumat 11 Desember 2015 lalu menjelaskan, Menpora sudah membicarakan hal ini dengan Menteri BUMN dan segera berkoordinasi dengan Pertamina sebagai sponsor utama, serta sponsor lainnya.

"Keikutsertaan Rio di F1 ini adalah kesempatan emas dan tentunya akan membawa nama Indonesia ke dunia internasional menjadi lebih baik, impactnya akan sangat besar bagi negara dan tentunya dari masyarakat juga akan mendukung hal ini," kata Indah.

Sementara itu, manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett, juga meminta semua pihak untuk mendukung atletnya dapat berlaga di ajang Formula 1 tahun depan.
Sebelumnya, Rio Haryanto telah selesai menjalani tes Formula Satu (F1) bersama tim Manor Merussia di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut berhasil menyelesaikan 56 putaran pada sesi pagi hari dengan catatan waktu 1:49.593. Rio juga baru saja menjalani seri terakhir lomba balap mobil GP2 Series 2015 bersama timnya Campos Racing dari Spanyol.

Sampai berakhirnya GP2 Series 2015 ini, Rio Haryanto menempati posisi keempat dengan total nilai 138 di bawah Sergey Sirtkin (Rapax) nilai 139), Alexander Rossi (Racing Engineering) nilai 181,5, sedangkan posisi pertama ditempati Stoffel Vandoorne (ART Grand Prix) nilai 341,5.

Sedangkan secara tim Rio Haryanto dan Arthur Pic di Campos Racing menempati posisi keempat dengan nilai 198, sedangkan posisi ketiga ditempati DAMS nilai 220, posisi kedua Racing Engineering nilai 241,5, sedangkan posisi pertama ditempati ART Grand Prix dengan nilai 410. Musim balapan F1 berikutnya akan dimulai pada Maret 2016 yang dimulai dari Australia, Malaysia, Bahrain, Barcelona dan Abu Dhabi. 

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru