riau24 China Protes Keras Deal Senjata Miliaran Dolar AS-Taiwan | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

China Protes Keras Deal Senjata Miliaran Dolar AS-Taiwan

1
Berita Riau -  China Protes Keras Deal Senjata Miliaran Dolar AS-Taiwan

Beijing, Riau24.com Pemerintah China mengungkapkan kemarahannya dan mengancam akan menjatuhkan sanksi ke perusahaan-perusahaan yang terlibat penjualan senjata senilai USD1,8 miliar atau sekira Rp25,3 triliun dari Amerika Serikat (AS) kepada Taiwan. Ancaman tersebut disampaikan melalui protes resmi terkait perjanjian itu ke kuasa usaha Kedutaan Besar AS untuk China di Beijing, Kaye Lee.

“Taiwan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah China. China menentang keras penjualan senjata AS ke Taiwan,” demikian disampaikan Wakil Perdana Menteri China Zheng Zeguang, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (17/12/2015).

Penjualan persenjataan yang dilakukan AS itu dianggap melanggar hukum dan norma-norma internasional selain membahayakan keamanan dan kedaulatan China.

Tidak dijelaskan seperti apa sanksi yang akan diberikan oleh Pemerintah China kepada perusahaan-perusahaan yang terlibat. Dari informasi yang diberikan Pemerintah AS, perusahaan pertahanan Raytheon dan Lockheed Martin merupakan kontraktor utama perjanjian penjualan itu.

Sikap China tersebut ditanggapi dingin oleh Pemerintah AS. Juru bicara Pemerintah AS John Kirby berharap hal ini tidak akan memberikan pengaruh buruk terhadap hubungan Washington dan Beijing.

“Pemerintah China dapat memberikan reaksi apa pun yang mereka anggap perlu. Ini bukanlah hal baru. Hal ini tidak perlu memberikan efek buruk pada hubungan kita dengan China,” kata Kirby.

AS lebih mengakui China dalam politik internasional. Namun, Washington masih memiliki hubungan yang bersahabat dengan Taiwan dan masih merupakan penyuplai senjata utama negara itu.

R24/rno/oke

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 11:58 wib
ABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru