riau24 Perangi ISIS, Pemberontak Suriah Terima Amunisi dari AS | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Perangi ISIS, Pemberontak Suriah Terima Amunisi dari AS

0
Ilustrasi pasukan pemberontak Suriah (Getty Images/Spencer Platt)
Berita Riau -  Perangi ISIS, Pemberontak Suriah Terima Amunisi dari AS
Jakarta, Riau24.com - Amerika Serikat mengirim pasokan amunisi untuk pasukan Arab Suriah yang akan bertempur dengan kelompok militan ISIS seiring dengan pergerakan mereka ke kota al-Shadadi, kota yang menjadi markas logistik untuk ISIS. 

Pejabat senior AS yang meminta identitasnya tidak dipublikasikan memaparkan bahwa amunisi yang dikirim ke Suriah dalam beberapa hari terakhir diberikan kepada pasukan Arab Suriah yang tengah bertempur di bagian timur laut negara itu. 

Pengiriman amunisi ini tampaknya merupakan yang ketiga untuk Suriah Arab sejak Oktober. 

Pasukan Arab Suriah bersekutu dengan pejuang Kurdi. Pengiriman awal amunisi AS ini sempat membuat berang Turki, yang sensitif terhadap setiap operasi yang dapat menguntungkan milisi YPG Kurdi di Suriah.

Arab Suriah memiliki sekitar 5.000 pejuang. Bersatu dengan Kurdi, mereka membentuk Pasukan Demokratik Suriah yang berusaha merebut kembali sejumlah wilayah yang dikuasai ISIS.

Para pejabat AS menyatakan bahwa pasukan itu bersiap menuju al-Shadadi, yang terletak di wilayah strategis lengkap dengan sejumlah ruas jalan raya. Merebut kembali wilayah itu berarti akan membantu mengisolasi Raqqa, kota yang disebut-sebut sebagai ibu kota khilafah ISIS.

Juru bicara koalisi pimpinan AS melawan ISIS yang berbasis di Baghdad, Irak, Kolonel Steve Warren, memaparkan bahwa kelompok militan ISIS menggunakan al-Shadadi sebagai markas senjata, peralatan perang dan sejumlah personel yang siap dikirimkan ke medang perang.

Warren menolak berkomentar soal pasokan amunisi AS tersebut, tetapi mengakui bahwa dalam operasi sebelumnya AS memang mengirimkan pasokan amunisi. 

Pentagon juga menolak mengomentari pengiriman amunisi ini, tetapi mencatat bahwa Presiden AS Barack Obama mendukung kelompok pemberontak di Suriah sebagai salah satu strategi penting memerangi ISIS. 

Militer AS menyatakan bahwa pengiriman pasokan amunisi untuk Suriah Arab dikarenakan kelompok tersebut telah menunjukkan kemajuan di medan perang dalam merebut sejumlah wilayah dari cengkraman ISIS. 

Kelompok itu merebut kota al-Hawl setelah menerima pasokan amunisi AS pada Oktober lalu, dan sejumlah desa kecil di wilayah selatan pada bulan ini.

Militer AS memperkirakan Pasukan Demokratik Suriah telah merebut sekitar 1.000 kilometer persegi wilayah dari tangan ISIS dalam enam pekan terakhir, dibantu oleh serangan udara koalisi internasional pimpinan AS.

R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru