riau24 Pertahanan Udara Rusia Bikin AS Mundur | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Pertahanan Udara Rusia Bikin AS Mundur

1
Rudal Rusia persulit pergerakan AS di Suriah. (Foto: Alalam)
Berita Riau -  Pertahanan Udara Rusia Bikin AS Mundur

Washington DC, Riau24.com - Pentagon menilai sistem pertahanan udara canggih buatan Rusia yang tersebar di sepanjang daerah konflik telah menyulitkan pergerakan pesawat tempur Amerika Serikat (AS).

Rusia menyatakan bahwa penyebaran sistem pertahanan udaranya di Suriah sebagai bagian dari kampanye udara melawan Daesh (nama lain ISIS). Moskow diketahui mengerahkan lebih banyak sistem rudal pertahanan udara S-300 dan S-400 ke kota Latakia, Suriah, setelah Ankara menembak jatuh pesawat tempur Rusia di perbatasan Suriah dan Turki bulan lalu.

S-400 dikembangkan dari S-300 dan memiliki jangkauan sekira 400 kilometer dan dapat menghancurkan pesawat taktis dan strategis serta rudal balistik dan jelajah.

“Penempatan ini (pertahanan udara Rusia) telah memaksa AS untuk menghentikan penerbangan berawak di beberapa bagian negara (Suriah dan sepanjang perbatasan). Situasi ini juga mempersulit koalisi antiteror,” kata seorang pejabat pentagon, Jeff Davis, sebagaimana dikutip dari Alalam, Jumat (18/12/2015).

Pejabat pemerintah AS mencatat Washington tampaknya telah setuju dengan aturan permainan Rusia di sana. Di samping itu, seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya menyatakan keprihatinan atas langkah tersebut.

"Ini adalah sebuah sistem persenjataan yang merupakan ancaman yang signifikan bagi siapa pun," ujarnya.

Paman Sam maupun Beruang Merah sebenarnya sama-sama bermaksud menggempur terorisme di Irak dan Suriah. Namun keduanya memiliki kepentingan yang berbeda. Obama menyalurkan persenjataan bagi kelompok pemberontak rezim Bashar al Assad, sementara Putin mempersenjatai pasukan Assad demi menjaganya diturunkan dari takhta.

Rusia telah memulai serangan udara di atas teritori ISIS atas permintaan pemerintah Suriah sejak 30 September 2015. Sementara pesawat-pesawat tempur AS juga telah melakukan serangan udara terhadap ISIS sejak setahun lalu.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 12:07 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru