riau24 Cara Mudah Tambal Sendiri Ban Tubeless Bocor | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Tips Dan Trik

Cara Mudah Tambal Sendiri Ban Tubeless Bocor

0
Ilustrasi. (VIVAnews/Herdi Muhardi)
Berita Riau -  Cara Mudah Tambal Sendiri Ban Tubeless Bocor

Riau24.com - Ban bocor merupakan masalah yang akrab dengan para pemilik kendaraan, khususnya sepeda motor. Tentunya kondisi itu sangat merepotkan, terlebih saat tengah berada di perjalanan. Alhasil, motor wajib didorong ke tukang tambal ban terdekat.

Namun, banyak orang yang beranggapan penggunaan ban tubeless lebih sedikit meredakan kepanikan. Sebab ban ini memang lebih kuat dibandingkan ban yang menggunakan ban dalam. Jika ban tubeless terkena paku, biasanya pakunya akan menancap terus dan ban baru kempis beberapa waktu secara perlahan-lahan.

Tapi, tetap saja, ban akan bocor seketika bila paku yang menancap dan merobek ban. Ban akan kempis seketika pula. Padahal, selain susah, perbaikan ban tubeless jauh lebih mahal.

Seperti dilansir situs automotto.com, Anda dapat menambal sendiri ban tubeless yang bocor dengan cara yang lebih mudah, tanpa harus repot membawa kendaraan ke bengkel dan membayar mahal untuk itu. Tips berikut ini hanya butuh waktu sekira 20-30 menit untuk dipraktikkan.

Barang-barang yang diperlukan yakni tang untuk mencabut paku atau benda lain yang menyebabkan bocor, tusukan besi, cairan panas, karet tambalan sisipan, pisau, dan penghalus kebocoran.

Cara menambalnya, pertama, periksa ban yang bocor dan cari penyebab kebocorannya. Apakah karena paku atau benda lain. Kedua, gunakan tang untuk mencabut benda yang menancap di ban, seperti paku. Cabut dengan hati-hati agar kebocoran tak menjadi lebih besar.

Ketiga, masukkan penghalus ke lubang yang bocor. Tarik-keluar di lubang tersebut selama beberapa kali agar lubang yang bocor tersebut menjadi halus dan cukup besar untuk disisipkan karet tambalan. Setelah selesai, biarkan penghalus menempel di dalam ban.

Keempat, lepaskan penghalus secara perlahan-lahan dan gunakan cairan panas perekat untuk merekatkan bagian yang bolong tersebut. Oleskan sebanyak dua sampai tiga kali hingga cairannya merata.

Kelima, masukkan karet tambalan sisipan yang telah diolesi sedikit cairan perekat ke dalam lubang tersebut dengan menggunakan tusukan. Tekan kuat-kuat hingga timbul bagian yang menonjol. Pastikan bahwa pemasangan karet sisipan tersebut dilakukan dengan benar dan tidak ada kebocoran di bagian tersebut.

Keenam, cabut tusukan dan biarkan selama beberapa saat hingga karet sisipan tersebut menempel dengan sempurna. Ketujuh, pompa ban dan potong bagian lebih karet sisipan yang menonjol dengan gunting. Kedelapan, periksakan ke bengkel jika masih bocor.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru