riau24 Biang Kerok Persneling Keras atau Kopling Susah Masuk | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Tips Dan Trik

Biang Kerok Persneling Keras atau Kopling Susah Masuk

0
Ilustrasi transmisi manual. (VIVAnews/Sandy Mahaputra)
Berita Riau -  Biang Kerok Persneling Keras atau Kopling Susah Masuk
Riau24.com - Masalah yang terjadi pada mobil bermacam-macam, mulai dari gangguan pada radiator hingga mesin mobil. Masalah yang kerap dijumpai para pemilik mobil di antaranya juga berkutat pada persneling yang keras atau gigi transmisi susah masuk. Hal ini biasanya terjadi pada gigi 1 dan R (mundur).

Faktor yang bisa menyebabkan persneling keras atau gigi transmisi susah masuk ini bisa sangat banyak sekali, bisa karena kolpling, atau juga karena oli transmisi yang sudah jelek atau bahkan sudah habis.

Lalu, bagaimana caranya membedakan, atau mengetahui penyebab masalah ini? Seperti dilansir AstraWorld, pengecekan untuk memperbaiki persneling keras atau gigi transmisi susah masuk pada mobil itu mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Langkah yang harus dilakukan, coba setel kembali tuas kopling, atau pedal kopling, lalu setel pedal, atau tuas kopling, barangkali ini karena kopling kurang tertarik, atau terdorong. Jika setelah disetel masih 'nyangkol', atau susah masuk pada gigi 1 dan R (mundur), mungkin ini mengindikasikan cover kopling, atau dekrup rusak. 

Jika kadang susah, penyakit biasanya bersumber dari per kopling jebol yang 'nyangkol' di antara kopling dan cover kopling (dekrup). Ini biasanya terjadi akibat rangkaian tuas pemindah gigi (untuk yang pakai kabel atau lainnya), coba cek barangkali ada yang lepas atau putus.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah oli transmisi yang kosong, coba perika jika oli membutuhkan penggantian.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru