riau24 Kemenpora Minta Tenggat Pembayaran Dana Rio Haryanto Diundur | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Formula 1

Kemenpora Minta Tenggat Pembayaran Dana Rio Haryanto Diundur

0
Rio Haryanto harus membawa dana sponsor 15 juta euro untuk Manor. (CNN Indonesia/Martinus Adinata)
Berita Riau -  Kemenpora Minta Tenggat Pembayaran Dana Rio Haryanto Diundur
Jakarta, Riau24.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga ingin agar waktu pembayaran dana sponsor pebalap Indonesia, Rio Haryanto, kepada tim Manor diundur karena pemerintah masih mencari skema pendanaan.

"Kemenpora saat ini sedang meminta agar ada keleluasaan untuk pengunduran pembayaran, karena ini kan akhir tahun dan tentu semuanya sedang menyiapkan laporan (anggaran)," ujar Menpora Imam Nahrawi setelah menjalani pertemuan dengan pihak Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jumat (18/12/2015).

Rio harus membawa dana sponsor senilai 15 juta euro, atau setara Rp227,1 miliar, untuk memastikan dirinya menjadi pebalap F1 bersama Manor. Dari sponsor utamanya, Pertamina, Rio telah mendapatkan suntikan dana senilai lima juta euro sementara sisa pembayaran dijamin oleh Kemenpora melalui surat garansi. 

Belum ada kejelasan tenggat waktu dari Manor, namun sesi pramusim Formula 1 sendiri akan dimulai pada Januari sehingga Rio diprediksi harus menyediakan dana sebelum sesi itu dimulai. 

Kemenpora menyatakan bahwa dana itu bukan berasal dari kantong mereka sendiri namun dari beberapa pihak.

"Kita tak bisa berdiri sendiri, harus ada banyak bantuan dari pihak BUMN atau swasta. Pemerintah bertindak sebagai fasilitator," ujar Imam.

"Hari ini kita sedang mencari cara agar semuanya dapat terencana, terukur, dan terlaksana tepat waktu. Apalagi ini masalah uang besar jadi harus hati-hati."

Kesulitan mencari tambahan dana untuk menutup kekurangan dana itu bukan perkara mudah. Pasalnya, tak semua BUMN memiliki dana untuk berpartisipasi dalam pendanaan Rio.

"Sponsorship ini menyangkut promosi jadi tidak bisa pake dana selain budget promosi," ujar Staf Khusus BUMN, Rizal Permadi. "Kami harus cari BUMN yang punya anggaran promosi besar."

Kubu Rio yang diwakili ibunya, Indah Pennywati, dan manajer pebalap kelahiran Surakarta itu, Piers Hunisett, menolak untuk berkomentar atas hasil pertemuan di kantor BUMN.

"Tak banyak yang bisa saya katakan," ujar Piers. "Kita akan lihat nanti (hasilnya)."

Rio bukan satu-satunya yang mengincar satu kursi pebalap di tim Manor. Rio harus bersaing dengan sejumlah pebalap seperti Alexander Rossi, Will Stevens, Fabio Leimer, Pascal Wehrling, dan Jordan King. 

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru