riau24 KPU: Gugatan ke MK Itu Hak Paslon | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

KPU: Gugatan ke MK Itu Hak Paslon

0
logo KPU
Berita Riau -  KPU: Gugatan ke MK Itu Hak Paslon
Rohul, Riau24.com - Menanggapi gugatan yang dilakukan oleh paslon Hafith-Syukri ke MK, Ketua Komisi pemilihan umum (KPU) Fahrizal melalui Divisi Sosialisasi dan SDM Sri Wahyudi mengungkapkan, gugatan yang dilakukan oleh paslon nomor satu, merupakan hak dari paslon dan tim nya.
 
"Masalah menggugat itu kan hak dari setiap paslon. Kita tidak bisa menghentikan atau menyuruh mereka untuk tidak menggugat. Yang jelas di MK nanti kita juga sudah menyiapkan data, mengenai tuntutan mereka mengenai pencoblosan di Kecamatan Bonaidarussalam yang mereka duga ada kecurangan," kata Sri Wahyudi melalui selulernya, (21/12/2015).
 
‎Sri Wahyudi menjelaskan, sesuai dengan ketentuan Jadwal  untuk melakukan penetapan pemenang hasil rekapitulasi sudah bisa diumumkan pada Rabu (23/12/2015) mendatang, namun Paslon no urut satu mendaftarkan gugatanya ke MK. Pihaknya terpaksa menunda hingga akhir Desember.
 
Nantinya, pada akhir Desember akan memutuskan apakah gugatan dari pihak paslon Nomor satu, bisa diterima atau di tolak. Semua tergantung pada keputusan MK Akhir Desember mendatang.
 
Bila MK menolak gugatan yang telah didaftarkan oleh paslon. Otomatis pihaknya akan mempersiapkan penetapan pemenang. Dimana, penetapan tersebut akan dilakukan pada pertengahan Januari atau paling Lambat pada pertengahan Februari.
 
Lebih lanjut dijelaskannya, bila gugatan yang telah didaftarkan oleh paslon diterima oleh MK. Tentunya KPU akan mengikuti proses persidangan hingga selesai dan diputuskan oleh MK, dan putusannya akan diumumkan ke KPU masing-masing.
 
"Kita tinggal menunggu saja, hasil putusan MK, kalau sidang kita akan ikut sidang kalau di tolak kita akan segera mengumukannya. Kalau diterima paling lama pertengahan  Maret  ‎sudah bisa kita umumkan, " ungkapnya.
 
Mengenai lampiran hasil pleno tingkat kabupaten lalu, silahkan saja di unduh di situs resmi KPU RI. Semua sudah ada disana.
 
Wahyudi panggilan akrabnya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Rohul untuk bersabar. Hingga saat ini belum ada informasi penetapan pemenang pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015.
 
Untuk  mengindari gejolak dan tanda tanya pada masyarakat Rohul. Pihaknya berharap, jangan ada satu pasangan pun yang mendeklarasikan bahwa dirinyalah yang ditetapkan sebagai pemenang pada Pilkada 2015. Pasalnya hingga saat ini pihaknya belum menetapkan siapa yang menjadi pemenang.
 
"Kita tunggu saja keputusan dari MK, karna keputusan tersebutlah. Yang bisa kita jadikan sebagai acuan, jadi kami minta masyarakat untuk bersabar, tunggu saja," pungkasnya.

R24/awa/ags
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru