riau24 Indonesia Tak Akan Gabung Koalisi Negara Islam Lawan ISIS | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Indonesia Tak Akan Gabung Koalisi Negara Islam Lawan ISIS

1
Menko Polhukam Luhut Panjaitan saat memimpin rapat kordinasi menteri-menteri di bawah bidang Politik, Hukum dan Keamaan, di Jakarta, Selasa, 18 Agustus 2015. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Berita Riau -  Indonesia Tak Akan Gabung Koalisi Negara Islam Lawan ISIS
Jakarta, Riau24.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah Indonesia tidak akan bergabung dengan koalisi negara-negara Islam yang bersepakat memerangi Islamic State in Iraq and Syria (ISIS).

Alasan pemerintah, tutur Luhut, koalisi yang dipimpin Arab Saudi tersebut merupakan koalisi militer. "Kami belum ingin masuk karena itu aliansi militer," ujarnya di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia, Cilangkap, Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Luhut menuturkan, untuk memerangi ISIS, pemerintah tidak akan menggunakan kekuatan militer, melainkan dengan pendekatan yang manusiawi atau soft approach.

"Kami ingin penanganan ISIS ini dengan mensosialisasikan Islam yang ramah, Islam yang kasih sayang, bukan yang brutal seperti yang dibawa ISIS," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Selasa (15/12/2015) kemarin Arab Saudi menggagas sebuah aliansi militer untuk memerangi terorisme. Aliansi itu akan berbasis di Riyadh.

Negara yang bergabung ke aliansi itu antara lain Mesir, Qatar, Uni Emirat Arab, Turki, Malaysia, Pakistan dan negara-negara Teluk Arab dan Afrika.

"Menjadi kewajiban untuk melindungi negara Islam dari kejahatan semua kelompok teroris dan organisasi apa pun sekte dan nama mereka, yang menyerukan kematian dan membuat kerusakan di muka bumi dan bertujuan untuk meneror orang yang tidak bersalah," tulis pernyataan aliansi itu, seperti diberitakan kantor berita Reuters.

Pekan lalu, kepada CNN Indonesia, Luhut mengakui jelang akhir tahun 2015 pemerintah mendeteksi potensi aksi teror ISIS di Solo, Jawa Tengah dan Jakarta. Ia berkata, pemerintah menganggap serius ancaman tersebut.

"Memang ada ancaman ISIS di dekat Jakarta. Ada juga yang aktif di dekat Solo. Tapi tak perlu khawatir, semua kami monitor. Bahkan, di Solo sudah ada 80 persen kami bisa tahu pergerakannya dan kaitannya ke Jakarta," kata Luhut, Jumat (11/12/2015). 

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 16:23 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/OCqzaXt.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru