riau24 Agar Mau Ditugaskan Kepelosok, Pemrov Riau "Sogok" Guru dengan Naik Gaji | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Agar Mau Ditugaskan Kepelosok, Pemrov Riau "Sogok" Guru dengan Naik Gaji

0
Berita Riau -  Agar Mau Ditugaskan Kepelosok, Pemrov Riau
Pekanbaru, Riau24.com - Kualitas pendidikan yang tidak merata salah satu penyebab adalah kekurangan guru terutama di daerah terpencil atau desa-desa. Kebanyakan Penumpukan guru di daerah perkotaan.

Hal ini lah yang membuat  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan guru di daerah-daerah terpencil.

Kekurangan tenaga pengajar di daerah pelosok harus disiasati dengan beberapa solusi. Salah satu yang dianggap paling "ampuh" dengan menaikkan gaji, honor, atau upah tenaga pengajar di sana.

Saat ini, Pemprov Riau masih terkendala kebijakan. Karena kewenangan melakukan pemindahan guru untuk pendidikan menengah masih berada di kabupaten/kota.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau, Kamsol, menjelaskan, sejauh ini Pemprov Riau masih menunggu Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 untuk kebijakan pendidikan bisa berjalan.

"Jika itu berjalan, kewenangan untuk pendidikan menengah menjadi hak provinsi. Baru kemudian kita bisa mendata secara rasio dan bidang studi, dimana kekurangan itu terjadi," tegas Kamsol.

Disebutkannya, secara rasio, keberadaan guru dengan sekolah cukup memenuhi. Namun jika diciutkan sesuai bidang studi, jelas kekurangan.

"Untuk tingkat PAUD, TK, SD dan SMP masih menjadi kewenangan kabupaten/kota. Karena itu, kita belum bisa melakukan intervensi, namun untuk imbauan sudah kita sampaikan," tukas Kamsol.

Sementara mengenai rencana kenaikan gaji, upah atau honor guru di daerah pelosok, dikatakan Kamsol, kemungkinan rencana itu ada. "Tetapi kita akan mengkaji dari berbagai sisi, termasuk kecukupan anggaran kita," tutupnya.

R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru