riau24 Pj. Bupati Membuka Resmi Acara Optimalisasi SPIP Tahun 2015 Ajak Peran Aktif Semua SKPD dan Kades Dalam Pengelolaan Uang Daerah & Desa | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Pj. Bupati Membuka Resmi Acara Optimalisasi SPIP Tahun 2015 Ajak Peran Aktif Semua SKPD dan Kades Dalam Pengelolaan Uang Daerah & Desa

0
Berita Riau -  Pj. Bupati Membuka Resmi Acara Optimalisasi SPIP Tahun 2015 Ajak Peran Aktif Semua SKPD dan Kades Dalam Pengelolaan Uang Daerah & Desa

Meranti, Riau24.com - Dalam rangka pengelolaan keuangan daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti menggandeng Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Riau untuk menggelar optimalisasi pengelolaan keuangan kepada aparatur daerah dan desa. Di Ballroom Afifa Selatpanjang, Senin (21/12/2015) kemarin. Diharapkan pengelolaan anggaran menjadi lebih baik di masa akan datang.

“Saya harapkan dengan kegiatan ini penggunaan anggaran daerah akan lebih baik dari segi administrasi sehingga akuntabel dan efektif,” ungkap Penjabat Bupati Kepulauan Meranti Edy Kusdarwanto saat membuka acara tersebut.

Acara itu sendiri menghadirkan Kepala Perwakilan BPKP Riau Sueb Cahyadi dan Kabid Akuntabilitas Pemda BPKP Rustam. Acara yang diberi tajuk Optimalisasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Tahun 2015 ini diikuti seluruh kepala SKPD, Camat, Lurah dan Kades se- Meranti.

“SPIP ini sebuah sistem dalam pengelolaan keuangan daerah yang harus dijalankan mulai tahun ini. Dengan sistem ini diharapkan pengelolaan administrasi keuangan daerah lebih efektif dan jelas laporan pertanggungjawabanya,” tutur Sueb Cahyadi.

Sementara Rustam menambahkan sistem ini juga berlaku bagi penggunaan anggaran desa. Jadi, kepala desa juga wajib menerapkan SPIP dalam pelaporan penggunaan anggarannya.

Sebelumnya Pj Bupati juga menekankan kerjasama kades, camat dan seluruh SKPD dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) terutama dari sektor pajak bumi dan bangunan (PBB). Dia juga menegaskan perlunya kesiapan SKPD menjalankan program Simda dari BPKP hingga ke desa agar laporan keuangan lebih akuntabel dan jelas administrasinya.

R24/awa/ndi

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru