riau24 Perlambatan Tiongkok Jadi Tantangan Terbesar Perekonomian 2016 | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Perlambatan Tiongkok Jadi Tantangan Terbesar Perekonomian 2016

0
Beijing. dok bloomberg.
Berita Riau -  Perlambatan Tiongkok Jadi Tantangan Terbesar Perekonomian 2016
Jakarta, Riau24.com - Mandiri Sekuritas menilai tantangan terbesar perekonomian global masih dari perlambatan ekonomi Tiongkok. Tantangan ini lebih besar dibandingkan dengan pengaruh dari kenaikan suku bunga Amerika Serikat.

Ekonom Mandiri Sekuitas, Leo Putra Rinaldy mengatakan, Tiongkok kini mengalami perubahan pendorong ekonomi dari investasi menjadi konsumsi. Namun sayangnya, konsumsi tersebut tidak bisa menopang ekonomi untuk bergerak naik.

Bahkan, kata Leo, kalau Tiongkok sampai mengalami penurunan yang cukup tajam (hard landing) pada ekonominya, pengaruhnya pada Indonesia menyentuh seluruh sektor.

"Impact-nya tidak hanya ke finansial market, tapi ke rupiah, ke growth dan ke riil. Tiongkok impact-nya jauh lebih besar dibanding Amerika Serikat," kata Leo dalam acara Economic Outlook Mandiri, di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan, Senin (21/12/2015),

Bukan hanya itu, tambah Leo, Tiongkok masih memiliki kemungkinan untuk melakukan devaluasi mata uangnya Yuan. Pasalnya pada saat Yuan dimasukkan dalam mata uang cadangan atau special drawing rights (SDR), Yuan pun masih alami devaluasi.

"Pergerakan Yuan ke depan ditentukan dari perkembangan ekonomi dan suku bunga juga, maka impactnya, Yuan cenderung depresiasi," jelas Leo. 

R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru