riau24 2016, Seluruh Puskesmas di Dumai Ditargetkan Sudah Terakreditasi | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

2016, Seluruh Puskesmas di Dumai Ditargetkan Sudah Terakreditasi

0
Puskesmas Bukit Kapur
Berita Riau -  2016, Seluruh Puskesmas di Dumai Ditargetkan Sudah Terakreditasi

Dumai, Riau24.com Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Dumai menargetkan pada 2016 semua Puskesmas yang ada di Kota Dumai sudah terakreditasi. Dimana, Areditasi ini dimaksudkan agar pelayanan di Puskesmas memenuhi standar yang ditetapkan.

“Akreditasi ini dimaksudkan agar pelayanan di Puskesmas memenuhi standar yang ditetapkan sesuai amanat UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,” ujar Kepala Diskes Dumai, H. Paisal, SKM, MARS, kemarin.

Menurut Paisal, pihaknya telah melakukan studi banding ke Puskesmas Selomerto Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

“Agar semua Puskesmas Dumai terakreditasi, kami telah melakukan studi banding ke Puskesmas Selomerto Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah belum lama ini,” imbuhnya.
Mantan Direktur RSUD Dumai itu menjelaskan, dalam studi banding Diskes Dumai mendapatkan hasil nyata sebagai langkah awal untuk menyusun perencanaan dan mempersiapkan seluruh Puskesmas di Dumai menjadi Puskesmas yang terakreditasi.
Selanjutnya, Diskes juga sudah melaksanakan pelatihan.

Pelatihan bagi tenaga pendamping sudah dilaksanakan pada 15 - 27 November 2015 lalu dengan menghadirkan narasumber dari Balai Pelatihan Teknis Petugas Kesehatan (BPTPK) Gombong, Jawa Tengah, dan dari Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Yogyakarta.

“ Alhamdulillah peserta pelatihan pendamping akreditasi Kota Dumai dinyatakan lulus dan bersertifikasi. Untuk itu kita berharap seluruh Puskesmas di Dumai segera terakreditasi,” harapnya.

Lebih lanjut, Paisal yang juga pernah menjabat sebagai Kabag Kesra Pemko Dumai ini mengatakan, bahwa di Dumai ada 10 Puskesmas, yaitu Puskesmas Bukit Kapur, Puskesmas Dumai Barat, Puskesmas Bukit Timah, Puskesmas Purnama, Puskesmas Bumi Ayu, Puskesmas Dumai Kota, Puskesmas Jaya Mukti, Puskesmas Sungai Sembilan, Puskesmas Medang Kampai dan Puskesmas Bukit Kayu Kapur.

“ Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, ke 10 Puskesmas di Dumai sudah menjadi pola Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sejak 2014 melalui Surat Keputusan Walikota Nomor 412/Dinkes/2014 tanggal 5 Desember 2014 tentang penerapan Puskesmas menjadi pola Badan Layanan Umum Daerah (BLUD),” tukasnya.

R24/awa/dik

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru