riau24 Mendag Lembong Pede RI Siap Hadapi MEA, Ini Alasannya | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Mendag Lembong Pede RI Siap Hadapi MEA, Ini Alasannya

0
Mendag Thomas Lembong membaca di Mobile magic box saat peluncuran ASEAN Economic Community (AEC) Center di Kemendag, Jakarta, Senin (28/9/2015). AEC Center dibentuk untuk edukasi publik tentang perkembangan dan peluang MEA. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Berita Riau -  Mendag Lembong Pede RI Siap Hadapi MEA, Ini Alasannya

Jakarta, Riau24.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan tak gentar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang bakal berlangsung dalam hitungan hari. Pasalnya, Indonesia sudah banyak pengalaman dalam mengikuti pasar bebas.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan, dalam dua tahun terakhir sebanyak 85 persen persen peredaran barang telah bebas tarif hambatan.

"Terus terang MEA sudah mulai dua tahun lalu, 85 persen bebas tarif, bebas hambatan. Dalam dua tahun terakhir pengusaha kita sudah bersaing, banyak yang langsung nyerang pasar ekspor," kata dia di Jakarta, Selasa (22/12/2015).

Apalagi, berdasarkan pengamatannya banyak pengusaha yang justru menuai kisah sukses. Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata dia, menilai sekarang ini merupakan era persaingan. Maka pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk mengubah paradigma supaya lebih agresif.

"Presiden bilang, ini eranya kompetisi, persaingan, kita mesti mengubah mental daridefensive ke offensive. Kami pemerintah sangat yakin pelaku ekonomi Indonesia punya banyak jagoan dan tahun-tahun depan akan semakin banyak kisah sukses. Skala ekonomi lebih besar," katanya.

Memang, Thomas mengaku pemerintah masih memiliki banyak pekerjaan rumah. Di antaranya, infrastruktur yang masih kurang baik sehingga menambah beban biaya logistik.

Selain itu, kurangnya baiknya dari sisi regulasi serta pelayanan. "Sangat jelas dari sisi regulasi kita relatif ketinggalan. Kita harus menyederhanakan regulasi dan layanan," tutup Thomas. 

R24/rno

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru