riau24 Perhatikan Ini jika Berlibur Pakai Mobil Pribadi | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Tips Dan Trik

Perhatikan Ini jika Berlibur Pakai Mobil Pribadi

0
Sensasi Berkendara Celerio
Berita Riau -  Perhatikan Ini jika Berlibur Pakai Mobil Pribadi

Jakarta, Riau24.com – Akhir tahun kerap dijadikan waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Jika Anda berniat menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Jusri Palubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menuturkan, hal yang harus dipersiapkan sama seperti melakukan perjalanan jauh lainnya. Paling penting adalah memperhatikan kondisi kendaraan dan pengemudi.

“Karena saat musim liburan seperti sekarang ini, perjalanan Anda akan menjadi lama, Sepanjang perjalanan dan menjelang tempat wisata akan macet,” ujar Jusri saat dihubungi KompasOtomotif, Minggu (20/12/2015) sore.

Kendaraan

Sebelum berangkat, lanjut Jusri, poin yang harus diperhatikan adalah kendaraan. Periksa kondisi sampai semuanya benar-benar layak jalan. Pengecekan mencakup, rem, kelistrikan, tekanan angin dan tapak ban, serta karet wiper.

“Apalagi sekarang musim Hujan, ban, lampu dan wiper sangat penting. Pastikan ban dan karet wiper masih dalam kondisi bagus. Untuk mobil yang sudah berumur, maka pengecekan mesin juga wajib,” ucap Jusri.

Menurut Jusri, jika mau dibawa ke bengkel maka disarankan tujuh atau 10 hari sebelum berangkat. Karena, musim liburan seperti sekarang ini banyak diler atau bengkel yang sudah tutup.

“Idealnya seminggu sebelumnya kita bawa ke bengkel. Periksa semua sampai mobil Anda benar-benar layak jalan. Karena perjalanan saat musim libur seperti ini menjadi lebih jauh,” katanya.

Pengendara

Kondisi pengendara juga tidak kalah penting. Sebaiknya, sebelum berangkat sopir harus bisa menjaga kondisi tubuh, karena selama diperjalanan harus selalu prima. Usahakan, setiap satu atau dua jam sekali istirahat selama 15 atau 30 menit.

“Misalnya minum vitamin secukupnya dan paling penting tidur yang cukup agar tidak mengantuk selama di perjalanan,” ujarnya.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru