riau24 Petani Karet di Rohul Kian Terpuruk | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Petani Karet di Rohul Kian Terpuruk

0
Ilustrasi petani karet. (FOTO : KOMPAS)
Berita Riau -  Petani Karet di Rohul Kian Terpuruk
Rohul, Riau24.com - Rendahnya penjualan harga karet para petani yang dibeli para toke karet di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), hingga kini masih jadi permasalahan yang dikeluhkan petani.
 
Tono satu diantara petani Karet mengungkapkan, hasil dari penjualan karet setiap pekannya tidak mencukupi untuk kebutuhan kebutuhan hidup anak dan keluarganya. Apalagi, dengan kondisi harga harga jual karet hasil sadapan petani selama sepakan, sejak setahun terakhir ini belum juga bisa mendongkrak pendapatan petani akibat tidak pernah naiknya harga karet.
 
"Padahal harga sawit sudah mulai membaik dan mencapai harga sekitar Rp 1000. Makanya hasil penjualan karet selama sepekan tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari," katanya (22/12/2015).
 
Lebih lanjut dijelaskannya, harga karet saat ini masih bertahan dikisaran Rp 5.000 hingga Rp 6.600/ kg. Tentunya kondisi ini memberatkan ekonomi warga, apalagi di tengah banyaknya kebutuhan hidup sering dengan naiknya harga sejumlah kebutuhan sembako saat ini.
 
kondisi ekonomi masyarakat yang morat marit saat ini, cukup dirasakan bagi dirinya sebagai petani karet. Bahkan dengan ditambah naiknya sejumlah harga kebutuhan pokok sangat mempengaruhi dan semakin terpuruknya ekonomi petani.
 
"Kita tidak mengetahui, mengapa harga jual karet tidak pernah naik sejak setahun ini. Dengan menyesuaikan kenaikan harga kebutuhan sembako  kini semakin terpuruk, apalagi hasil menyadap sepekan kita jual tidak mencukupi kebutuhan keluarga," jelasnya.
 
Sebagai petani karet, dirinya berharap agar harga jual karet dalam setahun terakhir yang hanya berkisar Rp5.000 hingga Rp6.500/kg, bisa meningkat dan membaik. Karena dengan harga karet yang murah membuat petani kian terpuruk. 
 
Lain dengan petani karet, kondisi ekonomi petani Sawit mulai membaik, hal ini diketahui sesuai pernyataan dari Yanto petani sawit di desa Pasir Intan mengungkapkan, saat ini harga sawit per Kg nya telah mencapai di kisaran Rp. 1000. 
 
"Saat ini harga sawit sudah mulai membaik mas. Sudah berada di kisaran Rp 1000 dibanding beberapa bulan yang lalu harganya cuman Rp 800Kg nya," ungkapnya.
 
Ia menambahkan, walaupun belum begitu Normal. Namun dirinya bersyukur, dengan harga sawit yang mulai membaik, sehingga kebutuhan keluarga bisa dicukupi.
 
"Mudah-mudahan harga sawit akan terus naik. Sehingga ke kesejahteraan petani sawit bisa meningkat dan makmur," pungkasnya.

R24/awa/ags
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru