riau24 Kelompok Tani Binaan Chevron Dumai Panen Ikan Lele | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Perdana Hasilkan 700 Kg

Kelompok Tani Binaan Chevron Dumai Panen Ikan Lele

0
Kelompok Tani Tunas Karya binaan Chevron panen perdana ikan lele
Berita Riau -  Kelompok Tani Binaan Chevron Dumai Panen Ikan Lele

Dumai, Riau24.com - Departemen Policy, Governement & Public Affairs (PGPA) Chevron Dumai bersama dengan Kelompok Tani Tunas Karya di Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai melakukan panen ikan lele perdana.

Kelompok Tani Tunas Karya beranggotakan 15 petani, kelompok tani ini binaan PT CPI Dumai untuk sektor pertanian terpadu (integrated farming) melalui program PRISMA (Promoting Sustainable Integrated Farming, Small Enterprise Cluster and Microfinance Access) yang didampingi oleh Yayasan Sahabat Cipta dalam pelaksanaannya. PRISMA merupakan salah satu program Investasi Sosial PT Chevron Pacific Indonesia di wilayah operasi Sumatra.

PRISMA merupakan program Investasi Sosial yang dilakukan Chevron di Indo Asia Business Unit (IBU) dengan fokus pada pengembangan dan mempromosikan kegiatan pertanian terintegrasi, usaha kecil dan menengah serta akses terhadap lembaga keuangan mikro.

“ Project ini dilaksanakan diseluruh wilayah kerja Chevron IBU di Indonesia, yaitu Sumatera Operations (SMO), Kalimantan Operations (KLO), serta Geothermal Power & Operations (GPO). Pelaksanaan program PRISMA di Dumai terbagi atas 5 sektor pengembangan, yaitu Sektor Usaha Tenun Dumai, Sektor Usaha Pengolahan Sabut Kelapa, Sektor Usaha Dodol Nenas, Sektor Usaha Perikanan, Sektor Usaha Pertanian,” ungkap Maraden Panggabean yang mewakili Manajemen HCT dan Chevron Dumai Operations pada kegiatan panen ikan lele, Selasa kemarin.

Menurutnya, panen Perdana ikan lele ini merupakan hasil dari bantuan bibit yang diserahkan oleh Chevron Dumai kepada kelompok tani tunas karya sejak September 2015. Selama bulan September 2015, Departemen PGPA Dumai telah menyerahkan 20 ribu bibit ikan lele. Bibit yang diserahkan adalah jenis bibit yang bisa mencapai usia matang ikan lele dalam waktu 2 hingga 3 bulan dan langsung siap dipanen.

Dalam panen perdana ini kelompok tani tunas karya mampu menghasilkan sebanyak 700 Kg ikan lele. Panen selanjutnya akan dilaksanakan dua pekan mendatang, dan tingkat keberhasilan panen kali ini mencapai 92 persen dari jumlah bibit yang disebar sebanyak 20 ribu bibit.

“ Bantuan ini merupakan bagian dari komitmen Chevron untuk membantu perekonomian masyarakat sekitar. Harapannya setelah panen perdana ini, kita bisa melanjutkan ke panen-panen berikutnya. Setelah yang Perdana ini, harapannya bisa terus berlanjut, dan tidak putus di panen Perdana ini sehingga bisa membawa manfaat ke depannya,” imbuh Maraden.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Tunas Karya Rahmat menyatakan, bahwa dengan bantuan Chevron dan bimbingan Yayasan Sahabat Cipta kini kelompok tani ini bisa menikmati panen Perdana ikan lele sebagai salah satu komoditas andalan baru kelompok tani ini.

“ Alhamdulillah setelah tiga bulan, kami berhasil menikmati panen perdana ini. Setelah penebaran bibit pada tanggal 18 September silam, kita bisa menikmati hasilnya pada hari ini 22 Desember,” kata Rahmat.

Terakhir Camat Bukit Kapur, Syamsir Amran menyambut gembira keberhasilan kelompok tani ini dalam panen Perdana ini.

“ Saya berterimakasih kepada pihak Chevron yang telah memberikan bantuan dan bimbingan bagi kelompok tani ini sehingga mereka bisa menerima manfaat dari program di sektor perikanan ini,” ujarnya singkat.

R24/awa/dik

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru