riau24 Razia Produk Makanan, Temukan Kecoak Dalam Lemari Pendingin Bakso Hypermart di Mall SKa | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Razia Produk Makanan, Temukan Kecoak Dalam Lemari Pendingin Bakso Hypermart di Mall SKa

0
Berita Riau -  Razia Produk Makanan, Temukan Kecoak Dalam Lemari Pendingin Bakso Hypermart di Mall SKa
Pekanbaru, Riau24.com - Ketika melakukan razia produk makanan dan minuman, petugas dari pihak di Balai Besar Pengawasan Obat Makanan (BBPOM) RI Pekanbaru dilakukanya inspeksi perbelanjaan Hypermart, yang berada Mal SKa di Pekanbaru.
 
Inspeksi dilakukan bersama pihak Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Riau. Inspeksi pada tiga tempat di Pekanbaru, yakni di Gudang Sembako Jalan Kharudin Nasution serta disalah satu SPBU berlokasi Damai Langgeng, serta Hypermart Mall SKa.
 
Namun dari ketiga lokasi tersebut hampir keseluruhan lokasi ditemui kejanggalan. Seperti halnya yang di Hypermart Mall SKa ditemukan kecoak dalamnya kotak pendingin bakso dan sosis pada Hypermart Ska. Penemuan kecoak, terkejut pengelola Hypermart.
 
"Yach, saat kita dari BPOM sama Disperindag Riau lakukan inspkesi di Hypermart yang berada di Mall SKa itu ada ditemukannya kecoa didalam kotak pendingin. Artinya, ditemukan kecoak tersebut maka makanan yang dijual itu terkesan tidak higenis," ujarnya.
 
Ini disampaikanya Kepala BPOM Riau Indra Ginting saat menjawab wartawan, Rabu (23/12). Katanya temuan ini, disaat tim melakukan inspeksi diperbelanjaan tersebut pada Senin (21/12) kemarin. Dan ini sambungnya, sangat terkesan pengelola tidak peduli.
 
"Kita ini telah sarankan pengelola Hypermart itu harus menghindari makanan dijual tersebut daripada binatang-binatang seperti kecoak dan tikus. Tentunya ini melakukan fress control setiap harinya. Yang dijual belikan itu makanan. Maka, harus hygenis," ujarnya.
 
Disaat itu sambungnya, juga ada ditemukan bakso dan sosis yang diperjualbelikan Hypermart, tidak berlebel serta keterangan makan itu halal atau tidaknya. Selain itu, di Hypermart juga ada ditemukan minuman siap saji yaitu fress mild yang telah kadaluwarsa.
 
Terkait kadaluwarsa itu, sambung Indra Ginting, bahwa berdasarkan ketentuannya, kata Indra Ginting, makan dan mimuman semestinya 1 bulan jelang kadaluwarsa harus disingkirkan dari rak penjualan. Ini
dikhawatirkan dapat merugikanya masyarakat pembeli.
 
"Kejadian Ini semestinya menjadi perhatian manajemen Hypemart. Jikalau, ada apa-apa nanti siapa yang kena, pasti karyawan akan dipersalahan dan manajemenya.
Makanya dalam hal ini kami minta mereka untuk lebih teliti dan terus awasi produk," ujarnya.
 
Disinggung sanksi diberikan pada manajemen Hypermart ? Didalam hal ini, Indra Ginting mengatakan, pihaknya untuk saat itu memberi pembinaan. Tetapi jika hal seperti ini tidak digubris maka dilanjutkan dengan Permendagri No 35. Yang termasuk sanksinya.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru