riau24 Empat Cara Membayar Cicilan KPR Dengan Lancar! | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Empat Cara Membayar Cicilan KPR Dengan Lancar!

0
Foto: HaloMoney
Berita Riau -  Empat Cara Membayar Cicilan KPR Dengan Lancar!

Jakarta, Riau24.com - Membayar cicilan Kredit Pembelian Rumah (KPR) adalah komitmen jangka panjang. Tidak salah bila persyaratan KPR jauh lebih ribet, rumit dan sulit karena, ya itu tadi, membayar cicilan KPR adalah komitmen jangka panjang. Bank pemberi KPR akan pikir dua kali untuk meminjamkan uang bila kamu tipe orang yang sulit berkomitmen.

Cara membayar cicilan KPR juga sangat berbeda dengan mencicil mobil secara kredit, atau meminjam kredit Tanpa Agunan (KTA) yang cicilannya hanya memakan waktu satu hingga lima tahun. Tenor cicilan KPR mencapai 15-20 tahun.

Diperlukan strategi dan trik yang cukup matang untuk membayar cicilan KPR, karena apabila kamu telat membayar akan dikenakan denda. Belum lagi kalau kamu tidak mampu membayar cicilan sama sekali, maka kemungkinan besar rumah idaman kamu akan disita oleh bank.

Membayar cicilan KPR secara lancar sebenarnya tidak sulit. Yang penting kamu bisa menjalankan beberapa trik di bawah ini.

1. Membayar Cicilan Sesuai dengan Waktu yang Disepakati

Buat kamu yang pelupa dan super sibuk, pembayaran cicilan KPR lebih baik menggunakan layanan auto debit yang termasuk dalam fasilitas bank pemberi KPR. Dengan demikian kamu tidak perlu pusing-pusing memikirkan harus menyetor cicilan atau terpaksa menunda pembayaran cicilan karena tidak punya waktu. Auto debit juga membuat Anda membayar selalu tepat waktu.

Namun yang perlu diperhatikan adalah mengecek pendebitan secara rutin. Namanya saja sistem, bisa saja terkadang salah dan cicilan KPR kamu ter-debit dua kali tanpa sengaja atau pemotongan lebih banyak dari jumlah cicilan. Kalau ini terjadi, segera hubungi bank kamu, biasanya mereka langsung membantu.

Pembayaran setelah jatuh tempo akan membuat kamu dikenakan denda yang cukup banyak.

2. Mempunyai Dana Cadangan untuk Cicilan KPR

Ada baiknya kamu memiliki dana cadangan senilai minimal tiga bulan cicilan KPR kamu. Misalnya cicilan KPR kamu setiap bulannya Rp5.000.000. Maka baiknya kamu mempunyai dana cadangan sebanyak Rp15.000.000.

Kenapa? Ini menjaga supaya kamu tetap membayar tepat waktu dan kalau bunga cicilan naik, kamu sudah bersiap dengan dana cadangan tadi.

Keuntungan lainnya, kamu tetap bisa membayar cicilan KPR meskipun saat bersamaan ada keluarga yang sakit atau mendadak kehilangan pekerjaan, dalam tempo waktu minimal tiga bulan.

3. Pisahkan Rekening untuk Cicilan KPR dengan Keperluan Lain

Ini strategi yang sangat penting, yaitu rekening cicilan KPR haruslah berbeda dengan rekening berisi dana untuk keperluan lain atau pun investasi.

Mencampur dana di dalam satu rekening bisa membuat kamu pusing tujuh keliling. Lebih bahaya lagi kalau dana yang seharusnya untuk cicilan KPR malah terlanjur dipakai untuk kebutuhan lain. Akibatnya fatal kan?

Pisahkan rekening dana cicilan KPR dan selalu cek apakah kamu punya dana cadangan untuk mencicil KPR, bila seandainya kamu sedang tidak punya uang.

4. Asuransi

Mayoritas penerima KPR mempunyai asuransi kematian, yaitu asuransi yang akan melunasi cicilan KPR apabila sang debitur tiba-tiba meninggal dunia. Tapi bagaimana kalau sang debitur cacat permanen? Tentu dia tidak bisa bekerja lagi dan akan sulit membayar cicilan KPR.

Nah kalau sudah begitu, asuransikan diri kamu untuk menjaga kemungkinan terburuk. Asuransi cacat permanen bisa menolong kamu seandainya kamu tidak bisa lagi mencari nafkah karena kecelakaan dan mengalami cacat permanen. Dana asuransi ini bisa membantu membayar cicilan KPR

Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang asuransi cacat termasuk kondisi cacat yang ditanggung dan jumlah asuransi yang akan kamu terima setiap bulan. Makin banyak informasi tentang produk asuransi yang kamu temui, akan mudah bagi kamu untuk membandingkan.

Demikian beberapa strategi yang dapat kamu terapkan untuk membayar cicilan KPR kamu dengan teratur. Untuk mendapat informasi lebih lengkap mengenai KPR silahkan kunjungi website perbandingan HaloMoney.

R24/rno

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru