riau24 Lenovo A6010, Persaingan Ketat di Kelasnya | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Lenovo A6010, Persaingan Ketat di Kelasnya

0
Lenovo A6010 dibanderol Rp2 juta. MTVN/MAMDUH
Berita Riau -  Lenovo A6010, Persaingan Ketat di Kelasnya
Riau24.com - Lenovo adalah salah satu perusahaan yang sangat gencar meluncurkan jajaran ponsel teranyar. Tidak terbatas pada kelas tertentu, mereka mempunyai jajaran smartphone yang dapat merangkul semua kelas.

Untuk pasar Indonesia sendiri, mereka memberikan perhatian yang cukup serius dengan merilis jajaran ponsel unggulan, kelas menengah, hingga ponsel yang ramah harga. Salah satu smartphone yang saya uji kali ini adalah Lenovo A6010, yang merupakan penerus langsung A6000. Peningkatan apa saja yang ditanamkan?

Desain

Melihat fisiknya, Lenovo A6010 tidak mempunyai perbedaan dari kakaknya, A6000. Anda bisa melihat ciri khas Lenovo yang tidak menyediakan desain mumpuni untuk jajaran ponsel kelas menengah ke bawah.

Tombol power dan volume dipasang bersebelahan di pinggir kiri, sementara port micro USB dan jack audio 3,5 inci berada di sisi atas. Port micro USB yang digunakan untuk mengisi baterai berada di tengah, sementara jack audio digeser sedikit ke kiri. Letak port micro USB tersebut memudahkan pengguna ketika memakai Lenovo A6010 dalam keadaan menyala.

Lenovo A6010 tidak mengusung konsep unibody, sehingga Anda dapat membuka penutup belakang untuk memasang dua kartu SIM dan micro SD untuk memori penyimpanan tambahan.

Satu hal yang cukup istimewa adalah tekstur penutup belakang yang terbuat dari material plastik ini. Tekstur penutup dibuat agak kasar, yang ternyata justru meningkatkan grip saat dipegang satu tangan. Kelemahannya, tekstur ini gampang kotor.

Pada bagian belakang ini Anda juga dapat melihat kamera yang terpasang di sisi kiri atas, dan LED flash yang berada tepat di bawahnya. Di sisi bawah Anda bisa melihat banyak lubang kecil yang terbagi menjadi dua poros, tak lupa dengan logo Dolby diantara keduanya.

Software & Antarmuka

Lenovo A6010 sudah mengadopsi OS Android 5.0.2 Lollipop yang dilengkapi antarmuka VIBE UI. Jika kita bandingkan dengan antarmuka pesaingnya, VIBE UI memiliki keunggulan dari segi tampilan. Desain ikon aplikasi dibuat lebih lucu, ditambah dengan perpaduan unsur warna yang nyaman.

VIBE UI memang berfokus pada perubahan tampilan dasar, yang tidak berpengaruh sampai ke sistem utama Android. VIBE UI juga menyediakan beberapa tema standar yang bisa diubah sesuai selera.

Kekurangannya, VIBE UI pada Lenovo A6010 dilengkapi dengan bloatware dalam jumlah yang cukup banyak. Lenovo selalu menyematkan tiga aplikasi utama: Lenovo Security, SHAREit dan SYNCit, yang mempermudah konsumen dalam memanfaatkan layanan cloud.

Aplikasi tambahan dari pihak ketiga bisa dibilang lumayan banyak, mulai dari Evernote, BaBe, UC Browser, Guvera, Skype, WeChat, sampai Gamestore.  

Dibalik jumlah bloatware yang lumayan banyak ini, VIBE UI memiliki fitur Fast Boot, yang memungkinkan ponsel memproses booting lebih cepat saat dinyalakan. Jumlah bloatware tidak cukup mengganggu kinerja ponsel secara keseluruhan berkat besar RAM yang dimiliki.

Namun, dampaknya akan terasa ketika Anda memanfaatkan aplikasi pihak ketiga ini, ditambah dengan aplikasi lainnya yang Anda pasang via Google Play Store.

Kamera

Lenovo menanamkan beragam fitur unggulan secara software untuk kamera pada ponsel mereka, tetapi itu hanya berlaku untuk jajaran kelas menengah ke atas, atau segmen tertentu yang menekankan fitur kamera. Oleh karena itu, fitur-fitur unggulan ini tidak akan Anda temukan pada Lenovo A6010.

Kamera belakang 8 MP sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang tidak mengharapkan kualitas jepret foto yang mewah. Jika dilihat lebih jauh, kamera belakang ini dilengkapi dengan fitur penambahan efek standar, seperti panorama dan efek khusus.

Untuk kamera depan 5 MP, Lenovo A6010 sanggup memenuhi keprluan foto selfiepenggunanya. Namun, perlu diingat bahwa pencahayaan sangat berpengaruh pada kualitas jepret selfie yang dihasilkan. Oleh karena itu, setidaknya Anda harus berfoto di luar ruangan agar mendapatkan hasil selfie terbaik.

Performa

Lenovo A6010 menawarkan peningkatan dari segi spesifikasi, tetapi jika dibandingkan Lenovo A6000. Sementara bila mengacu pada spesifikasi Lenovo A6000 Plus, ponsel ini tidak mempunyai perbedaan yang nyata.

Sama seperti Lenovo A6000, smartphone ini tetap menggunakan prosesor Snapdragon 410, dengan RAM yang ditingkatkan menjadi 2 GB. Dari segi kapasitas memori internal, ponsel ini menyediakan ruang sebesar 16 GB. Selain itu, tidak ada perbedaan hardware yang ditanam, bahkan untuk daya baterai yang dimiliki.


Dukungan RAM 2 GB memungkinkan Lenovo A6010 menghasilkan performa yang lebih baik. Ini menjadikannya salah satu smartphone dengan performa tertinggi di kelasnya. Anda bisa melihat skor hasil pengujian kami pada grafik di bawah ini.

Untuk daya tahan baterai, Lenovo A6000 masih lebih unggul dibanding Lenovo A6010, dengan selisih mencapai 1 jam. Lenovo memang mempunyai keunggulan dari aspek baterai, seprti yang bisa Anda lihat secara lengkap pada grafik berikutnya.

 

Kesimpulan

Lenovo A6010 adalah smartphone kelas menengah ke bawah dengan fitur standar. Selain spesifikasi yang lumayan menarik, apa yang ditawarkan oleh ponsel ini tidaklah banyak. Meskipun demikian, smartphone ini tetap layak menjadi salah satu pilihan untuk konsumen yang tidak memerlukan banyak fitur.

Dari segi harga, Lenovo A6010 masih cukup kompetitif bila diadu dengan para pesaingnya. Di sisi lain, kehadiran ASUS ZenFone 2 Laser bisa mengacuhkan konsumen dari ponsel ini.

Lenovo A6010
Prosesor Qualcomm Snapdragon 410 @1,2 GHz quad-core
GPU Adreno 306
RAM 2 GB
Memori 16 GB
Kamera 8 MP (belakang), 2 MP (depan)
Dimensi 141 x 70 x 8.2 mm
OS Android 5.0.2 Lollipop + VIBE UI
Layar 5 inci IPS (720 x 1280)
Baterai 2.300 mAh
Harga Rp 1.999.000

Kelebihan
  • Baterai awet
  • Fitur Fast Boot
  • VIBE UI cukup ringan
Kekurangan
  • Desain standar
  • Jumlah bloatware VIBE UI cukup banyak
R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru