riau24 Serikat Buruh : Disnaker Jangan Kaku | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Terkait Penolakan UMK Kabupaten/Kota

Serikat Buruh : Disnaker Jangan Kaku

0
Logo SBCI
Berita Riau -  Serikat Buruh : Disnaker Jangan Kaku
Pekanbaru, Riau24.com - Sikap Disnakertrans Provinsi Riau yang tidak menerima usulan pemerintah Kota Pekanbaru menaikkan UMK sebesar Rp 2.165.435 ditahun 2016, membuat serikat buruh di Provinsi Riau dibikin meradang dan bergejolak.
 
Tak terkecuali, Serikat Buruh Cahaya Indonesia (SBCI) Riau yang memiliki pandangan sendiri atas sikap Disnaker yang dinilai monoton dan sedikit kaku mengartikan kebijakan yang tidak seharusnya diterima mentah-mentah dan terkesan terlalu dipaksakan.
 
"Disnaker tidak salah kalau langsung menerapkannya. Tapi  kan, ini terlalu terburu-buru. Sementara Kabupaten/Kota sudah rampung menetapkan UMK bersama Dewan Pengupahan, jauh sebelum Permendagri no 78 tahun 2015 ini lahir," ungkap Sekjen SBCI, Dairul Riyadi S Sos kepada Riau24.com, Kamis (24/12/2015).
 
Menurutnya, Disnaker Provinsi Riau juga perlu membuka mata untuk lebih praktikal memandang sebuah konteks dari kebijakan itu tidak hanya dari satu sudut pandang saja. Sebab, disamping ada kebebasan daerah untuk mengkedepankan hak otonominya, menurut Dairul hal ini perlu untuk dipertimbangkan.
 
Disinggung mengenai sikapnya bersama ribuan buruh yang tersebar di Provinsi Riau menyikapi polemik ini, Dairul mengatakan akan menyuarakan permintaan agar Permendagri yang masih seumur jagung itu dapat dipending dulu oleh pihak Disnaker Riau.
 
Sebab, selain dinilai kaku dan terlalu cepat, Kebijakan menaikkan UMK dengan batasan 11,5 persen tersebut dikhawatirkan berdampak timbulnya reaksi buruh yang kecewa.
 
"Pak Kadis harus tau buruh itu hidupnya pas-pasan. Punya anak, istri untuk ditanggung. Jadi mohon, jangan cekik nafas buruh yang tadinya berharap panjang, kemudian dibuat pendek lagi," paparnya. 

R24/awa/kur 
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru