riau24 Rumah Sakit di Arab Saudi Terbakar, 25 Orang Tewas | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Rumah Sakit di Arab Saudi Terbakar, 25 Orang Tewas

1
Ilustrasi kebakaran. (gsmudger/Thinkstock)
Berita Riau -  Rumah Sakit di Arab Saudi Terbakar, 25 Orang Tewas
Jakarta, Riau24.com - Di tengah gegap gempita akhir tahun, duka justru menyelimuti Arab Saudi. Sebuah kebakaran menyapu unit perawat intensif dan bangsal bersalin di rumah sakit setempat, Kamis (24/12/2015) tepat sebelum fajar menjelang.

Menurut agen pertahanan sipil Saudi yang dikutip Reuters, kebakaran itu menimbulkan 25 korban jiwa dan 123 korban luka. Korban meninggal termasuk satu anak, seperti diterangkan Mayor Jenderal Saad bin Al-Ghamdi, Kepala Pertahanan Sipil di Jizan, Arab Saudi.

Kebakaran terjadi di rumah sakit di Jazan, ibu kota Jizan, salah satu daerah miskin di Saudi. Menurut saksi mata yang diwawancara televisi nasional al-Ekhbariya, penyebab kebakaran adalah kesalahan hubungan listrik.
Hanya butuh tiga menit bagi api yang berkobar, untuk meluluhlantakkan rumah sakit itu. "Kami bisa mendengar suara-suara perempuan berteriak," kata seorang lelaki saksi mata.

Foto yang dipublikasikan agen pertahanan sipil Saudi melalui akun Twitter resminya, menunjukkan kepulan asap tebal dan kobaran api menyelimuti rumah sakit. Pusat pelayanan publik itu pun rusak berat. Dindingnya hitam.

Koresponden al-Arabiya mengatakan, ia melihat beberapa pintu darurat dikunci dan dirantai ketika ia berkunjung ke rumah sakit itu setelah kebakaran. Diketahui, rumah sakit itu memang telah menerima peringatan resmi soal keselamatan pengunjung dan pasiennya.

Namun Direktur Persoalan Kesehatan, Ahmed al-Sahli menolak adanya isu keselamatan di rumah sakit itu. Ia mengatakan, banyak yang bisa keluar dengan mudah dari rumah sakit saat kebakaran terjadi karena pintu terbuka dan peralatan keselamatan ada pada tempatnya.

Namun seorang pengunjung, Eissa Amaish yang saudara perempuannya menjadi korban, menyalahkan rumah sakit. "Apa yang terjadi di rumah sakit ini adalah kejahatan pembunuhan," katanya. "Rumah sakit ini tidak dibekali alat-alat untuk menghadapi kebakaran."

Seorang netizen bahkan berpendapat, menteri kesehatan seharusnya bertanggung jawab. "Apakah menteri kesehatan akan mengundurkan diri setelah kebakaran di RS Jazan?" tulis seorang aku bernama Mohammed Alsubaie.

R24/rno

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 12:18 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru