riau24 Astronom Sebut Risiko Komet Tabrak Bumi Tinggi | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Astronom Sebut Risiko Komet Tabrak Bumi Tinggi

0
Astronom Sebut Risiko Komet Tabrak Bumi Tinggi (Foto: Getty Image)
Berita Riau -  Astronom Sebut Risiko Komet Tabrak Bumi Tinggi

California, Riau24.com - Bumi memiliki risiko lebih besar ditabrak komet lebih dari yang diperkirakan sebelumnya menurut beberapa astronom. Ilmuwan mengakui bahwa penemuan dari ratusan komet raksasa bernama "centaurs" telah masuk daftar benda langit yang membahayakan Bumi.

Centaur adalah bola es dan debu dengan orbit stabil yang berada di luar Neptunus. Ukuran mereka bisa mencapai 30 sampai 60 mil. Selama orbit, komet berpapasan dengan Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Bidang gravitasi planet-planet tersebut sesekali membelokkan komet menuju Bumi, kemungkinan terjadi sekira sekali setiap 40-100 ribu tahun. Satu centaur memiliki lebih banyak massa dibanding seluruh populasi asteroid yang rutin melewati orbit Bumi hingga saat ini, menurut tim peneliti.

Ketika komet mendekati matahari, mereka mulai hancur menjadi puing-puing. "Membuat dampak di planet kita yang tak terelakkan," tulis tim peneliti di Astronomi dan Geofisika dalam jurnal Royal Astronomical Society.

Para peneliti berpendapat astronom harus lebih fokus daripada sekedar memantau asteroid dekat Bumi.

"Dalam tiga dekade terakhir, kami telah menginvestasikan banyak upaya dalam pelacakan dan menganalisis risiko tabrakan antara Bumi dan asteroid," kata penulis Bill Napier University of Buckingham kepada Daily Mail.

"Studi kami menunjukkan kita perlu melihat lebih dari sekadar di sekitar kita dan melihat keluar di luar orbit Jupiter untuk menemukan centaur. Jika kami benar, maka komet yang jauh ini bisa menjadi bahaya serius dan sudah waktunya untuk memahami mereka lebih baik," jelasnya.

Beberapa ilmuwan berpendapat ledakan komet ini mungkin memicu kehidupan di Bumi dengan membawa air molekul organik. Serangan komet itu bisa juga adalah komet yang menyapu bersih dinosaurus 65 juta tahun yang lalu.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru