riau24 25 Hektar Tanaman Padi di Rohul Gagal Panen | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

25 Hektar Tanaman Padi di Rohul Gagal Panen

0
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Rohul Mubrizal
Berita Riau -  25 Hektar Tanaman Padi di Rohul Gagal Panen

Rohul, Riau24.com - Banjir mengakibatkan ratusan hektar luas tanaman padi sawah dan padi gogo milik petani di Rohul ikut terendam. Akibat musibah alam itu, tanaman padi milik petani mengalami puso atau gagal panen seluas 25 hektar.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Rohul Mubrizal, menyebutkan, luas tanam padi sawah di Kabupaten Rohul hingga. Desember 2015 sekitar 1.691 ha. Berdasarkan data luas tanaman padi sawah mengalami puso atau gagal panen akibat banjir seluas 25 hektar diantaranya padi sawah 15 hektar dan Padi Gogo 10 hektar.
Untuk padi sawah, terendam banjir luasnya 93 hektar di antaranya Kecamatan Kepenuhan luas tanam pada padi sawah 28 hektar, terkena banjir 14 Ha, mengalami Puso 14 Ha dan Kecamatan Bangun Purba luas tanam 258 Ha terkena banjir 65 Ha, gagal panen selus 1 ha.

Sementara untuk padi gogo terendam banjir seluas 270 hektar dan padi mengalami gagal panen seluas 10 hektar, di antara di kecamatan Rambah, dengan luas tanam 1.129 ha Terkena banjir seluas 56 ha.

Kecamatan Rambah Samo dengan luas tanam 1.103 ha, terkena banjir 8 Ha, Kecamatan Rambah Hilir luas tanam 1.162 Ha, terkena banjir 27 Ha. Kemudian Rokan IV Koto luas tanam 1.032 ha, terkena banjir 4 Ha, Kecamatan Kunto Darussalam luas tanam 803 Ha, terkena banjir 160 Ha, gagal panen atau Puso 10 Ha dan Tambusai luas tanam 1.231 Ha, terkena banjir 15 ha.

Mubrizal menjelaskan, untuk luas tanaman Palawija di Rohul hingga Desember 2015 sekitar 10.614 ha. Untuk Kecamatan Rambah luas tanaman Jagung 98 hektar, terendam banjir 28 Ha, Kacang Tanah luas tanam 5 Ha, terkena banjir 3 Ha.

"Untuk tanaman Palawija di Rohul terendam banjir seluas 31 Ha, tanam jenis Jagung, Kacang tanah milik petani itu tidak ada yang mengalami Puso atau gagal panen, paska banjir," tuturnya.

Disinggung apakah ada penggantian bibit tanaman padi yang gagal panen akibat banjir dari pemerintah daerah, Mubrizal menyebutkan, pihaknya telah melaporkan data tanaman Padi Sawah, Padi Gogo dan tanaman Palawija di Rohul, terendam banjir dan mengalami gagal panen ke Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau.

Untuk mengusulkan penggantian tanaman padi masyarakat, mengalami gagal panen. Tanaman padi, mengalami gagal panen, diketahui paska banjir berakhir. "Kita sudah laporkan tanaman padi petani Rohul gagal panen ke Dinas Pertanian dan Peternakan Riau untuk penggantian bibit tanaman. Tapi sampai kini, kita belum ada terima jawaban dari provinsi, apakah tanaman padi sawah dan padi gogo gagal panen itu ada penggantian bibit, kita belum dapat informasi," ujar Mubrizal.

R24/awa/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru