riau24 Harga 'Kursi' Rio Haryanto di Manor F1 Bikin Bos Mercedes Kaget | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Formula 1

Harga 'Kursi' Rio Haryanto di Manor F1 Bikin Bos Mercedes Kaget

0
Pebalap Indonesia yang turun di ajang GP2 Series, Rio Haryanto saat mengunjungi SCTV Tower di bilangan Senayan, Jakarta, Jumat (31/7/2015). Ekspresi Rio Haryanto saat melakukan wawancara dengan SCTV. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Berita Riau -  Harga 'Kursi' Rio Haryanto di Manor F1 Bikin Bos Mercedes Kaget

London, Riau24.com - Bos Mercedes, Toto Wolf kaget dengan harga kursi yang harus dibayar pembalap Indonesia, Rio Haryanto untuk gabung Manor F1. Seperti diketahui, Rio harus bayar Manor 1 sekitar 15 juta euro agar bisa mendapatkan satu seat.

Saat ini, Rio sudah bayarkan 5 juta euro bantuan dari sponsor utama Pertamina. Sedangkan sisa 10 juta euro sudah digaransi pemerintah lewat Kemenpora.

Wolff heran sekaligus sedikit berang karena dengan adanya tawaran dari Rio ini, dia tak bisa sodorkan juara balap DTM (balap turing Jerman),Pascal Wehrlein gabung Manor untuk F1 2016.

Mercedes hanya mau membayar 4 juta euro saja dan angka itu diakui Wolff tak cukup. "Dengan jumlah bayaran yang diberikan Rio Haryanto untuk membeli satu seat di Manor, itu hancurkan F1," kata Wolff seperti dikutip Autosport.

Karena urung ikut F1, Wehrlein bakal tetap tampil di balap turing Jerman pada 2016 nanti. Mercedes pun batal kocok ulang susunan pembalap di DTM. 

Mercedes memasukkan Esteban Ocon, juara GP3 yang ngotot ingin gabung balap turing Jerman. Rival Mercedes, BMW dan Audi juga tak mengubah susunan pembalapnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi 'menodong' para pengusaha yang hadir di Musyawarah Nasional Ikatan Motor Indonesia (IMI) di Hotel Borobudur, Jumat (18/12/2015) untuk membantu Rio. Dia berharap pengusaha mau urunan untuk bantu kekurangan 10 juta euro yang masih harus dibayarkan Rio.

"Setelah memberikan surat rekomendasi, saya masih terus berusaha untuk mencari formula yang pas agar bisa memenuhi persyaratan tim Marussia Manor supaya Rio bisa berlaga di ajang F1. Mumpung di sini banyak pengusaha seperti Aksa Mahmud, Adiguna Sutowo siapa tahu bisa ikut membantu kekurangan Rio. Saya juga berharap para pengusaha lain agar terketuk hatinya untuk ikut membantu menyelesaikan persoalan ini," kata Menpora.

Selain mengharapkan uluran tangan para pengusaha, Menpora juga meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mewujudkan mimpi pembalap asal Solo, Jawa Tengah tersebut.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru