riau24 Sudirman Beberkan Penggunaan Dana Ketahanan Energi | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Sudirman Beberkan Penggunaan Dana Ketahanan Energi

0
Menteri ESDM Sudirman Said. Foto: Grafis/Dok SindoPhoto
Berita Riau -  Sudirman Beberkan Penggunaan Dana Ketahanan Energi
Jakarta, Riau24.com - Pemerintah lewat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk menarik pungutan dari masyarakat untuk dana ketahanan energi. Dana tersebut diambil dari penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar masing-masing Rp200/liter dan Rp300/liter.

Pasalnya, pemungutan dana ketahanan energi ini amanat dari UU No 30 tahun 2007 tentang Energi. Lantas, sebenarnya untuk apa pemerintah mengais dana tersebut dari masyarakat? 

Menteri‎ ESDM Sudirman Said menuturkan, dari sisi kebutuhan yang paling mendesak disediakan dari dana tersebut adalah stimulus untuk membangun energi baru dan terbarukan. Selain itu, dana stimulus untuk melakukan eksplorasi migas, geothermal, dan batubara.

"Juga dana stimulus untuk melakukan eksplorasi migas, geothermal dan batubara karena investasi untuk eksplorasi sedang mengalami penurunan," kata dia dalam rilisnya di Jakarta, Sabtu (26/12/2015). 

Mantan Bos PT Pindad (Persero) ini menambahkan, pihaknya baru akan mengkonsulitasikan‎ mengenai pungutan tersebut kepada Komisi VII DPR pada Januari 2016.

"Kita perlu mengatur secara khusus tata cara pemungutan dan pemanfaatan dana ketahanan energi ini, termasuk prioritas pemanfaatanya. Dalam persidangan Januari nanti kami juga akan konsultasikan kepada Komisi VII DPR RI‎," tandasnya.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru