riau24 Sebelum Digusur, Moffett Pangkas Belanja Modal Freeport | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Sebelum Digusur, Moffett Pangkas Belanja Modal Freeport

0
Freeport memangkas belanja modal bisnis pertambangan sebesar 25 persen menjadi US$ 2 miliar pada 2016. (Dok. Freeport Indonesia).
Berita Riau -  Sebelum Digusur, Moffett Pangkas Belanja Modal Freeport
Jakarta, Riau24.com - Sebelum digusur dari jabatannya sebagai Chairman of the Board Freeport McMoRan Inc, James R. Moffett telah memangkas alokasi belanja modal seluruh grup perusahaan di seluruh dunia akibat rendahnya harga komoditas pertambangan yang berimbas pada kinerja perusahaan.

Dikutip dari laman perusahaan, pada 9 Desember 2015 lalu Freeport McMoRan telah mengumumkan kebijakan lanjutan pemangkasan belanja modal sebagai respons atas lesunya kondisi pasar komoditas tambang, serta bisnis minyak dan gas bumi yang belum lama digelutinya.

“Kami perlu mengambil langkah lebih lanjut untuk memperkuat posisi keuangan perusahaan di tengah kondisi pasar yang lemah dan penuh ketidakpastian. Mendekati 2016, kami mengambil keputusan untuk memperkuat arus kas perusahaan saat harga komoditas sedang rendah, karena kami berencana melanjutkan pemangkasan utang,” kata Moffett, dikutip Selasa (29/12/2015).

Pria 77 tahun yang biasa dipanggil Jim Bob tersebut mengatakan manajemen telah mengkaji ulang investasi proyek-proyek di bidang pertambangan. Ia menyebutkan Freeport akan memangkas rencana investasi tambangnya di beberapa negara sebesar 25 persen pada 2016 dari angka US$ 2,7 miliar menjadi US$ 2 miliar.

Freeport juga akan memangkas produksi tambang di Amerika Utara dan Amerika Selatan dengan total 250 juta pounds tembaga dan 20 juta pounds molybdenum per tahun. Perusahaan juga tengah mempertimbangkan rencana menghentikan operasi tambang Sierrita secara penuh di Arizona sehingga akan kehilangan 350 juta pounds tembaga dan 34 juta pounds molybdenum per tahun. 

“Freeport akan terus melakukan evaluasi rencana operasi tambang sebagai respons atas kondisi pasar saat ini dan akan melakukan penyesuaian lanjutan jika diperlukan,” ujar Moffett.

Sementara di bisnis migas, Freeport bakal memangkas alokasi belanja modal pada 2016 dan 2017 mendatang dari angka US$ 2 miliar per tahun menjadi sebesar US$ 1,8 miliar di 2016 dan US$ 1,2 miliar di 2017.

Rencana pemangkasan belanja modal tersebut termasuk pengurangan jumlah rig yang dioperasikan di tiga proyek pengeboran laut dalam teluk Meksiko menjadi hanya satu rig

Meski demikian, kebijakan tersebut tampaknya tidak membuat pemegang saham puas sehingga dini hari tadi tetap mengumumkan penunjukan Gerald J. Ford sebagai Non-Executive Chairman Freeport McMoRan menggantikan Moffett. 

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru