riau24 Tak Lagi jadi Bos, Moffett Masih Digaji Rp 20 Miliar Setahun | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Tak Lagi jadi Bos, Moffett Masih Digaji Rp 20 Miliar Setahun

0
James R. Moffett masih digaji US$ 1,5 juta atau setara Rp 20,53 miliar per tahun oleh Freeport McMoRan karena diberikan posisi sebagai konsultan perusahaan. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Berita Riau -  Tak Lagi jadi Bos, Moffett Masih Digaji Rp 20 Miliar Setahun
Jakarta, Riau24.com - Di usianya yang memasuki 77 tahun, James R. Moffett dilengserkan dari kursi Chairman of the Board Freeport McMoRan Inc, perusahaan tempatnya bekerja sejak 1960-an lalu. Namun perusahaan tambang asal Texas, Amerika tersebut masih menyematkan jabatan Chairman Emeritus kepada Moffett dengan bayaran US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 20,53 miliar per tahun.

Emeritus merupakan jabatan kehormatan yang diberikan kepada seseorang yang telah memasuki masa pensiun oleh suatu perusahaan atau universitas tempatnya selama ini bekerja.

Reuters melaporkan, Moffett diberikan jabatan tersebut atas jasanya membesarkan Freeport selama 55 tahun dirinya mengabdi bagi perusahaan. Jabatan itu sekarang menempatkan Moffett sebagai konsultan dan penasihat perusahaan.

Pria yang sering disapa Jim Bob tersebut disebut menjalankan peran penting dalam mengembangkan dan mengeksploitasi cadangan emas dan tembaga tambang Grasberg di Papua, Indonesia. Sehingga berhasil membuat tambang tersebut sebagai salah satu tambang terbesar di dunia.

“Setelah melalui pertimbangan yang cermat, dewan direksi menilai perubahan kepemimpinan merupakan pilihan terbaik bagi perusahaan dan pemegang saham,” ujar juru bicara Freeport kepada Reuters, dikutip Selasa (29/12/2015).

Reuters sebelumnya melaporkan, masuknya Carl C. Icahn sebagai pemilik baru 8,8 persen saham Freeport pada 22 Agustus 2015 membuat posisi Moffett tersudutkan. 

Ketika mengakuisisi perusahaan pemilik saham mayoritas PT Freeport Indonesia itu, Icahn mengkritik besarnya belanja modal yang dialokasikan, struktur keuangan perusahaan yang jelek, serta tingginya bayaran direksi perusahaan di tengah harga komoditas yang rendah.

Kemudian pada Oktober 2015, Icahn dan pemegang saham Freeport lainnya membuat kesepakatan untuk mengurangi jumlah direksi perusahaan dari sebelumnya 16 orang menjadi 11 orang. Termasuk menempatkan dua orang perwakilan Icahn sebagai Direktur Freeport yaitu Andrew Langham dan Courtney Mather.

Langham sebelumnya merupakan Penasehat Umum Icahn Enterprises L.P sementara Mather merupakan mantan Managing Director dari Icahn Capital LP.

Masuknya dua orang direksi baru yang mewakili pemegang saham itulah yang disebut Reuters menjadi penyebab tergusurnya Moffett.

Sebagai informasi, saham Freeport McMoRan turun lebih dari 9 persen menjadi US$ 6,86 pada sesi perdagangan Senin (28/12/2015) kemarin usai perusahaan menyampaikan keterbukaan informasi mengenai mundurnya Moffett dari pucuk pimpinan Freeport. 

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru