riau24 Puskesmas di Pelalawan Belum Sampaikan Laporan Penggunaan Akhir Dana Jamkesda | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Puskesmas di Pelalawan Belum Sampaikan Laporan Penggunaan Akhir Dana Jamkesda

0
Bupati resmikan Puskesdes
Berita Riau -  Puskesmas di Pelalawan Belum Sampaikan Laporan Penggunaan Akhir Dana Jamkesda

Pelalawan, Riau24.com - Meski sudah akhir tahun, hingga kini seluruh Puskesmas yang ada di kabupaten Pelalawan belum laporkan penggunaan akhir dana Jamkesda ke pihak Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan di Pangkalan Kerinci. Akibatnya, pihak Diskes Pelalawan bisa mempublikasikan secara keseluruhan penggunaan dana Jamkesda pada tahun 2015 pada publik.

Pernyataan itu diungkapkan Kepala Diskes Pelalawan dr. Endit R Pratiknyo melalui Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Diskes Pelalawan dr. Agus Subagio kepada Riau24.com saat ditemui dikantor Dinasnya di Pangkalan Kerinci Senin (29/12/2015). Menurut Kabid Yankes, sekarang pihaknya beberkan seluruh penggunaan dana jamkesda dialokasikan Pemkab Pelalawan untuk program pelayanan kesehatan gratis yang dikelola pihak Diskes Pelalawan tahun ini.

”Hal itu disebabkan seluruh puskesmas yang ada disetiap kecamatan dikabupaten Pelalawan belum sampaikan laporan akhir penggunaan dana Jamkesda oleh masing-masing puskesmas se-Pelalawan. Karena belum ada laporan final terkait jumlah warga yang berobat dan berapa jumlah dana jamkesda digunakan untuk pelayanan kesehatan gratis pada warga disetiap kecamatan oleh masing-masing Puskesmas sehingga kita belum bisa sampaikan kepublik tahun ini,” ujar Agus Subagio.

Khusus terkait jumlah dana Jamkesda untuk program pelayanan kesehatan gratis tahun ini sebut kabid Yankes, tampaknya terjadi peningkatan signifikan jumlahnya dimana di APBD murni 2015 pihak Diskes telah anggarkan sebanyak Rp 4 M lebih. Dengan jumlah dana itu belum memadai sehingga pihaknya telah ajukan penambahan alokasi dana jamkesda di APBD Perubahan 2015 sebesar Rp 1,5 M.

“Akibat banyak jumlah warga yang berobat disetiap Pukesmas dan dirujuk berobat ke rumah sakit tahun ini sehingga kita masih alokasi dana Jamkesda sebesar Rp 1,3 M yang kita ajukan alokasi anggaran dananya untuk menutupi ketekoran dana di APBD murni tahun 2016,” terangnya.

Di jelaskan Kabid Yankes, sebenarnya yang menjadi penyebab banyak terjadi penambahan anggaran dana jamkesda untuk program Pelayanan berobat gratis diprogram Pemda Pelalawan yang dikelola pihak Diskes Pelalawan disebabkan terjadi peningkatan yang signifikan jumlah warga berobat tahun ini terutama disebabkan yang luar biasa jumlah warga berobat disetiap kecamatan karena akibat dampak kabut asap yang begitu lama tahun ini.

”Jadi jumlah warga yang paling banyak berobat tahun ini adalah terkena penyakit Ispa dan sejumlah penyakit lainnya. Tampaknya jumlah warga berobat tahun tak bisa kita prediksikan. Kalau tahun lalu, jumlah warga yang berobat dibiayai dana jamkesda sebanyak 30 ribu orang. Kalau tahun ini jumlah pastinya warga berobat gunakan Jamkesda belum bisa diketahui karena setiap Puskesmas belum adanya laporkan akhirnya disampaikan pada kita,” tegasnya.

R24/awa/shi

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru