riau24 Rekonstruksi Oknum Polisi Tembak istri Digelar, Keluarga Korban Ngamuk | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Rekonstruksi Oknum Polisi Tembak istri Digelar, Keluarga Korban Ngamuk

0
Berita Riau -  Rekonstruksi Oknum Polisi Tembak istri Digelar, Keluarga Korban Ngamuk

Rohul, Riau24.com - Polres Rokan Hulu (Rohul) menggelar rekonstruksi ulang pembunuhan yang dilakukan oknum anggota Polres Rohul Bripka ST Simanjuntak terhadap istrinya Risma Br Nainggolan.

‎Pantauan Riau24.com, rekonstruksi dilakukan di beberapa tempat kejadian langsung juga disaksikan keluarga korban dan puluhan warga setempat turut berkerumun di lokasi untuk menyaksikan adegan. Pihak keluarga korban sempat histeris dan memaki-maki pelaku.

Pembunuh Kau, hukum dia seberat-beratnya, datang dia kerumahku cuma mau bilang mau membunuh istrinya, kurang ajar" Ucap salah satu keluarga korban dengan berurai air mata sambil menjerit memaki pelaku saat selesai rekonstruksi di Rumah Korban, Selasa (29/12/2015).

Dari adegan yang dilakukan, tersangka (Bripka ST Simanjuntak) awalnya apel pagi di Polsek dengan menggunakan sepeda motor merk sky wafe, meminjam uang Rp 50 Ribu kepada Brigadir Reski Martubuan di Kantin Polsek Kepenuhan, lalu tersangka pergi menemui Bripka Jamal untuk mengambil Senjata Api (senpi) jenis Revolver untuk pengamanan salah satu Bank di Kepenuhan.

Setelah mendapatkan senpi pelaku pulang kerumah untuk mengambil telepon genggam yang dipegang korban Risma Br Nainggolan (selaku istri tersangka). Sesampai dirumah sekitar pukul 09.00 WIB, tersangka sampai dirumah dan bertemu korban yang sedang duduk di teras rumah, kemudian tersangka menghampiri korban untuk menanyakan dimana telepon genggam lantas terjadi adu mulut, kemudian tersulutlah emosi tersangka, lantas tersangka mengambil senpi yang berada di sepeda motor dan menghampiri korban yang duduk di teras rumah, dari jarak 2 Meter tersangka menembakkan kearah bagian perut sebanyak 1kali dan bagian dada 2kali.

Setelah menembak korban di teras rumah, tersangka masuk kedalam rumah untuk berganti pakaian, dan saat keluar rumah tersangka melihat korban masih belum meninggal sambil merintih kesaktian dan berteriak minta tolong, lalu tersangka kembali menembak korban sebanyak 2 kali yaitu 1 dibagian punggung dan 1 di kepala dan tersangka menggunakan sepeda motor pergi meninggalkan korban.

Setelah meninggalkan korban, tersangka menelpon Brigadir Reski untuk ketemuan, setelah bertemu Brigadir Reski tersangka mengembalikan senpi ‎dan meminta izin untuk tidak apel 2 hari.

Usai menitipkan senpi, tersangka mengakui ia ke rumah keluarganya di Pasirpengaraian dan kabur melarikan diri.

Kasat Reskrim Polres Rohul AKP M. Wirawan Novianto mengakui dari 18 reka adegan, ada satu reka adegan yang tidak sesuai dengan Berita Acara Pemeriksaan (BAP), yakni lokasi penembakan.

Tersangka mengaku menembak mati istrinya di luar rumah, rupanya hal itu ia lakukan di teras rumahnya. Begitu juga jarak tersangka saat menembak mati istrinya tidak sesuai BAP.

"Dari rekontruksi ini kami belum bisa disimpulkan apakah ada indikasi pembunuhan terencana atau tidak," ujarnya.

AKP M. Wirawan mengatakan rekontruksi dilakukan untuk menyesuaikan antara keterangan tersangka saat BAP dengan fakta di lapangan.

Karena perbuatannya menghilangkan nyawa istrinya, ungkap AKP M. Wirawan, tersangka ST. Simanjuntak dijerat pasal pembunuhan perencanaan yakni Pasal 340 KUHPidana, Pasal 338, Pasal 351 ayat (3) tentang penganiayaan, dan Pasal 44 ayat (3) UU Nomor 23 tahun 2014 tentang kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

"Ancaman hukumannya antara 15 tahun, bisa juga seumur hidup, sampai hukuman mati jika terbukti ada unsur perencanaan," ungkapnya.

AKP M. Wirawan menambahkan dari perkara pembunuhan dilakukan tersangka, petugas mengamankan sejumlah barang bukti, seperti pistol dinas jenis revolver, proyektil, pakaian seragam tersangka, handphone, dan sepeda motor Suzuki Skywave yang dipakai tersangka dari Kepenuhan ke rumah familinya di KM 7 Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah.

‎R24/awa/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru