riau24 DPR Tuding Pemerintah Cari Untung Lewat Pungutan BBM | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

DPR Tuding Pemerintah Cari Untung Lewat Pungutan BBM

0
Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Berita Riau -  DPR Tuding Pemerintah Cari Untung Lewat Pungutan BBM
Riau24.com - Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDI-P), Rieke Dyah Pitaloka menolak secara tegas pungutan dana ketahanan energi dari penurunan harga bahan bakar minyak (BBM).
 
Ia menilai dana ketahanan energi sebagai praktik pungutan liar alias pungli dari Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Sudirman Said kepada rakyat. 
 
Rieke menjelaskan, setiap pungutan wajib yang dilakukan pemerintah kepada rakyat harus diatur dengan Undang-undang (UU). Artinya sesuai perintah konstitusi, pembuatan sebuah produk UU harus dibahas antara pemerintah dan DPR. 
 
Lanjutnya, Menteri ESDM mengatakan harga BBM baru akan dikonsultasikan dengan DPR pada Januari 2016. Ajaibnya, penurunan harga BBM berlaku 5 Januari 2016, sedangkan masa sidang DPR dimulai 11 Januari 2016. 
 
"Jadi kapan dibahasnya dengan DPR dan apa landasan serta payung hukum dana ketahanan energi?. Ini sebuah indikasi kuat praktik pungli Sudirman Said kepada rakyat, Presiden Joko Widodo tahu tidak ya?. Jadi saya berharap DPR menolak kebijakan pungutan tersebut," tegas Rieke dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (30/12/2015). 

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru