riau24 PR Utama yang Harus Dikerjakan Kabinet Jokowi 2016 | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

PR Utama yang Harus Dikerjakan Kabinet Jokowi 2016

0
Kabinet Kerja Presiden Jokowi memiliki sejumlah PR alias pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pada 2016. Foto: Dok/Sindo
Berita Riau -  PR Utama yang Harus Dikerjakan Kabinet Jokowi 2016
Jakarta, Riau24.com - Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memiliki sejumlah PR alias pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pada 2016. Hal ini menyangkut sejumlah realisasi pada 2015 yang belum tercapai, seperti janji nawacita mereka terdahulu.

Ekonom dari Indonesia for Development of Economic and Financial (Indef) Ahmad Heri Firdaus mengatakan, tahun depan Kabinet Jokowi harus memiliki prioritas. "Ini harus difokuskan karena realisasinya enggak semua tercapai tahun ini. Pertama kali yang perlu dilakukan adalah pemerintah harus bangun infrastruktur industri," ujarnya, Rabu (30/12/2015).

Menurut Ahmad,  hal tersebut harus menjadi prioritas. Mengingat ekspor Indonesia mengalami penurunan dan kontribusi industri terhadap pertumbuhan ekonomi masih sangat rendah. 

Dia menjelaskan, di sepanjang 2015 penyerapan tenaga kerja di sektor industri juga masih lemah. Bahkan, industri pengolahan‎ menjadi salah satu sektor yang mengalami penurunan peran terbanyak. Walhasil ekspor masih tergantung terhadap komoditas sebesar 76%.

"Ketergantungan yang tinggi di sektor komoditas ini menyebabkan nilai ekspor Indone‎sia sangat rentan terhadap gejolak perekonomian global. Jadi harus buat segala sesuatu yang bisa meningkatkan daya saing, yang bisa mendongkrak ekspor, harus bisa dilakukan. Seperti bangun kawasan industri, konektivitasnya, dan lain-lain," jelasnya.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru