riau24 YLKI: Penurunan Tarif Listrik 'Jebakan Batman' | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

YLKI: Penurunan Tarif Listrik 'Jebakan Batman'

0
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Berita Riau -  YLKI: Penurunan Tarif Listrik 'Jebakan Batman'
Jakarta, Riau24.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengungkapkan turunnya tarif listrik pada awal 2016 adalah "jebakan batman" bagi konsumen.

Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan bahwa turunnya tarif listrik yang mengacu pada harga minyak dunia dan kurs rupiah bisa menjadi "jebakan batman" bagi konsumen karena memiliki sifat fluktuatif dan tidak pasti.

"Kebijakan yang diambil pemerintah dengan turunnya tarif listrik hanya mengikuti kepentingan pasar," tutur Tulus, di Jakarta, Sabtu (2/1/2016).

Oleh karena itu, YLKI memberikan usulan sebaiknya Pemerintah menerapkan tarif listrik progresif untuk melindungi konsumen masyarakat miskin.

Sebelumnya, dia menilai penurunan tariff adjustment pada Januari 2016 belum sepenuhnya menguntungkan konsumen. Tulus mengatakan, penentuan tariff adjustment ini masih meragukan lantaran tarif listrik itu belum pernah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Inilah yang menyebabkan keraguan meski tercatat, Januari 2016 akan mengalami penurunan. Kalau tarif listrik tersebut sudah diaudit oleh BPK baru akan terlihat kejelasan tarif listrik tersebut. Begitu juga untuk menentukan naik dan turun tarif listrik," pungkasnya.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru