riau24 Wiko Highway Star 4G, Smartphone Tipis yang Unik | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Wiko Highway Star 4G, Smartphone Tipis yang Unik

0
Wiko Highway Star 4G memiliki bodi tipis dan sangat ringan
Berita Riau -  Wiko Highway Star 4G, Smartphone Tipis yang Unik
Jakarta, Riau24.com - Setidaknya ada dua hal utama yang pertama kali diperhatikan oleh para konsumen sebelum membeli smartphone baru, yaitu desain dan performa. Keduanya merupakan senjata yang ampuh untuk mengikat konsumen, apalagi produk yang ditawarkan merupakan merek baru di pasar. Strategi menghadirkan ponsel dengan desain menarik, spesifikasi tinggi, dan harga terjangkau merupakan pilihan yang tepat.

Sebagai salah satu pemain baru di pasar smartphone Indonesia, Wiko nampaknya menggunakan strategi tersebut tidak hanya untuk mengikat konsumen, juga membentuk citra mereknya di masyarakat. Wiko memang sempat menghadirkan beberapa perangkat di tahun 2015 ini, salah satunya adalah Wiko Highway Star 4G yang merupakan salah satu jajaran smartphone tertingginya. Lalu apakahsmartphone ini dapat bersaing dengan yang lain?

Desain

Saya cukup senang dengan desain Wiko Highway Star 4G kali ini. Bodinya tipis dan menggunakan bahan metal, bukan plastik. Unit yang diuji kali ini juga memiliki bodi berwarna coklat keemasan yang menurut kami sengaja dihadirkan untuk menambah kesan elegan pada smartphone ini.

Wiko Highway Star 4G memiliki bodi yang ergonomis. Bodi bagian belakangnya dibuat melengkung agar nyaman ketika digenggam. Smartphone ini juga terlihat unik ketika kami melihatnya dari bagian samping. Dari sudut pandang tersebut terihat bahwa bagian bodi dan layar Wiko Highway Star 4G seperti terpasang secara terpisah. Model desain seperti ini membuat bodinya tidak menjadi bezel tambahan di bagian layarnya.

Meskipun demikian, bukan berarti bodi Wiko Highway Star 4G tidak memiliki kelemahan. Bodinya terasa ringkih atau kurang kokoh saat kami pertama kali memegangnya. Hal tersebut dikarenakan bodinya tipis, tetapi terasa sangat ringan. Padahal, smartphone ini memiliki layar cukup besar dan dilapisi oleh bodi berbahan metal.

Kami memang tidak menguji ketahanan fisik bodi smartphone ini, dan kami juga percaya bahwa smartphone ini telah melewati uji ketahanan dengan standar pabrikannya. Namun, berkat bebannya yang sangat rigan dan bodinya yang tipis,smartphone ini justru terasa kurang kokoh.

Software & Antarmuka

Sebagai pemain baru, Wiko tentunya harus memiliki nilai jual lebih ketimbang para pesaingnya agar bisa unggul di pasar. Salah satu nilai lebih yang ditawarkan pada Wiko Highway Star 4G adalah antarmukanya Android 5.1 yang telah mengalami sedikit perombakan.

Tidak hanya ikon dan tampilan dasarnya yang berubah, Wiko juga menambahkan berbagai fitur lain ke dalam Wiko Highway Star 4G. Beberapa fitur yang menarik adalah Smart Gesture, yaitu fitur yang memungkinkan Anda untuk mengontrol ponsel melalui gestur khusus seperti ketuk layar dua kali untuk menguncismartphone, dan balikkan bodi smartphone untuk membuat ponsel masuk ke mode Snooze.

Selain Smart Gesture, terdapat pula fitur Scheduled Power. Fitur unik yang jarang terlihat di smartphone lain ini memungkinkan Anda untuk mengatur kapansmartphone mulai menyala atau dimatikan. Melengkapi fitur tersebut terdapat juga fitur Smart Awake yang memungkinkan Anda untuk masuk ke menu atau aplikasi tertentu dengan menggambar huruf tertentu saat ponsel dalam keadaan terkunci.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh smartphone ini adalah tersedianya update software yang cukup memadai. Update tersebut memang tidak datang secara berkala, namun setidaknya kami melakukan update sebanyak dua atau tiga kali sejak menggunakan smartphone ini. Hal tersebut membuktikan bahwa Wiko cukup peduli dengan update software, sehingga penggunanya selalu mendapatkan versi software terbaru.

Kamera & Video

Wiko Highway Star 4G memang telah cukup banyak memiliki kelebihan. Sayangnya, ada satu hal yang membuatnya sedikit redup yaitu kamera. Saat menjajal kamera smartphone ini, awalnya kami cukup puas dengan performanya. Selain shutter cepat menangkap gambar, aplikasi kameranya juga telah dilengkapi dengan fitur yang cukup mumpuni untuk mengambil gambar.

Yang disayangkan adalah hasil jepretannya. Saya melihat cukup banyak noise di berbagai foto yang diambil. Efek noise tersebut memang tidak terlalu kelihatan ketika foto yang diambil dalam keadaan cukup cahaya, tetapi sangat terlihat ketika foto diperbesar atau foto diambil dalam keadaan kurang cahaya.

Berkebalikan dengan kualitas fotonya, kami justru sangat senang dengan kualitas video dari smartphone ini. Fokusnya tergolong cepat dan ia mampu menyesuaikan cahaya dengan cepat. Selain itu, ia dapat merekam video beresolusi Full HD meskipun layarnya hanya memiliki resolusi 720p.

Performa & Baterai

Perlu diakui, Wiko Highway Star 4G memiliki performa yang sangat baik. Dari beberapa pengujian yang kami lakukan, smartphone ini mampu menghasilkan skor yang tinggi. Pada pengujian grafis menggunakan 3D Mark misalnya, smartphoneini berhasil memperoleh skor yang tergolong tinggi. Bahkan di pengujian Ice Storm Basic ia sempat meraih skor maksimal alias maxed out.

Performa tersebut juga teruji saat kami mencoba bermain game Asphalt 8 Airborne dan XCOM Enemy Within. Keduanya berjalan sangat lancar tanpa lag.
Sayangnya,
smartphone ini mudah terasa panas bahkan ketika kami hanya melakukan kegiatan biasa seperti browsing. Hal tersebut juga diperparah dengan penggunaan bodi metal yang membuat penggunaan sedikit kurang nyaman.

Sementara untuk baterainya, ponsel ini memiliki ketahanan baterai yang cukup baik. Hasil pengujian baterai menggunakan PC Mark menunjukkan bahwasmartphone ini mampu bertahan selama 5 jam 9 menit. Sedangkan saat menggunakannya sehari-hari, kami hanya mengisi ulang smartphone ini sehari sekali saja. Tentunya ketahanan baterai akan berbeda tergantung tingkat pemakaiannya. Meskipun demikian, ia masih tergolong kalah jika dibandingkan dengan pesaingnya yang berada di kelas yang sama.

Kesimpulan

Wiko Highway Star 4G merupakan smartphone yang cukup unik. Baik dari sisi desain, kamera, dan performa, ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan yang cukup menonjol. Hal tersebut membuat posisinya sedikit sulit. Namun untungnya, ponsel ini telah didukung dengan fitur lain yang membuat kekurangannya sedikit dapat ditoleransi, seperti fitur koneksi 4G LTE.

Selain itu, adanya fitur tambahan lain pada software seperti gestur dan custom keyboard juga membantu smartphone ini tampil lebih baik. Wiko Highway Star 4G memang tidak sempurna, tetapi tetap asyik untuk digunakan.
 
  Wiko Highway Star 4G
Prosesor MediaTek MT6752M Octa-core 1,5GHz
GPU Mali-T760 MP2
RAM 2 GB
Memori 16 GB
Kamera 13MP (belakang), 5MP (depan)
Dimensi 141 x 71,4 x 6,6 mm
OS Android Android 5.1 Lollipop
Layar 5-inci AMOLED (1280x720 pixel)
Baterai Li-Po 2450 mAh
Harga Rp3.999.000



R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru